1.500 personel gabungan amankan malam pergantian tahun di Jaksel

1.500 personel gabungan amankan malam pergantian tahun di Jaksel

Polres Metro Jakarta Selatan menggelar upacara kenaikan pangkat sekaligus apel pengamanan malam tahun baru 2020 di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Selasa (31/12/2019) (ANTARA/HO-Humas Polres Metro Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.500 personel keamanan gabungan dari tiga pilar, yakni Polri, TNI dan Pemkot Jakarta Selatan dikerahkan untuk melakukan pengamanan pada malam pergantian tahun yang disebar ke sejumlah titik lokasi.

"Pengamanan di wilayah hukum Polres Metro Jaksel melibatkan 1.500 personel gabungan terdiri dari Polres, Polsek, Kodim, Koramil, Satpol PP Dishub, Dinkes dan Damkar, " kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Bastoni mengatakan selain mengerahkan personel, Polres Metro Jakarta Selatan juga menyiagakan 10 Pos pengamanan dan Pos pelayanan yang tersebar di titik-titik pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, pusat hiburan, wisata dan tempat ibadah.

"Pengamanan selain di gereja juga di tempat ibadah umat beragama lainnya yang melaksanakan ibadah di malam pergantian tahun," kata Bastoni.

Bastoni juga menyampaikan pesan kamtibmas bagi masyarakat yang melaksanakan hiburan atau rekreasi Tahun Baru 2020.

Baca juga: 1.875 petugas keamanan disiagakan di Jakarta Pusat
Baca juga: 178 anggota Polrestro Jaksel naik pangkat
Baca juga: Pengunjung mulai memadati Taman Impian Jaya Ancol


Masyarakat diimbau untuk melengkapi surat-surat kendaraan, memeriksa kondisi kendaraan menyiapkan e-toll, surat identitas diri, dan menjaga stamina selama berkendaraan.

"Jaga kecepatan dan keselamatan diri sehingga bisa menikmati liburan dengan santai, suka cita bersama keluarga," kata Bastoni.

Bagi masyarakat yang berlibur meninggalkan rumahnya harus melaporkan kepada ketua lingkungan seperti RT atau RW sehingga bisa dimonitor.

Pastikan lampu dalam rumah dimatikan, saklar, listrik juga dimatikan, kran air dimatikan terutama kompor juga pastikan ditinggal dalam kondisi mati sehingga terhindar dari masalah kebakaran, korsleting listrik.

"Selama liburan tetap menjaga ketertiban dan keselamatan diri," katanya.

Bastoni juga mengingatkan apabila masyarakat menemukan permasalahan di lapangan segera melapor kepada petugas terdekat atau mendatangi pos pengamanan dan pelayanan yang tersedia atau bisa menghubungi nomor 112 dan mengakses aplikasi qlue.

"Semoga di tahun 2020 ini kita lebih sukses dan lebih baik lagi," kata Bastoni.
Baca juga: Malam Tahun Baru di Jakarta diprakirakan BMKG hujan sedang
Baca juga: Adu sakti pesulap siap meriahkan malam Tahun Baru 2020 di TMII

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar