Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir yang akan terjadi pada 31 Desember 2019-2 Januari 2020 di sejumlah wilayah Indonesia.

BMKG lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebut adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di perairan barat Sumatera sebesar 925/850mb dan di utara Australia 925/850mb.

Beberapa wilayah yang berpeluang mengalami hujan lebat pada Selasa adalah Sumatera Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Sementara untuk Rabu (1/1), daerah yang berpotensi adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Malam Tahun Baru di Jakarta diprakirakan BMKG hujan sedang

Kemudian untuk Kamis (2/1), daerah yang berpeluang hujan berkurang menjadi Lampung, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara serta Maluku.

Sementara itu, beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang diguyur hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Pada Selasa (31/12), wilayah yang berpeluang hujan adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua.

Kemudian Rabu (1/1), wilayah yang berpeluang yaitu Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Lalu untuk Kamis (2/2), Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, serta Papua yang berpotensi diguyur hujan.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Baca juga: El Nino netral, BMKG perkirakan 2020 tidak ada anomali cuaca
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019