Polres Pamekasan jaga dua gereja lakukan kebaktian pergantian tahun

Polres Pamekasan jaga dua gereja lakukan kebaktian pergantian tahun

Gereja Jemaat Mahkota Hayat di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. (Abd Aziz)

Pamekasan (ANTARA) - Polres Pamekasan, Jawa Timur, menjaga dua gereja yang melakukan kebaktian menyambut pergantian tahun dari 2019 ke 2020, Selasa malam.

Wakapolres Pamekasan Kompol Kurniawan Wulandono di Pamekasan, Selasa, mengatakan dua gereja yang melakukan kebaktian menyambut malam pergantian tahun itu adalah Gereja Maria Ratu Para Rasul dan Gereja Jemaat Mahkota Hayat Pamekasan.

Baca juga: Polres Pamekasan selidiki penusukan anggota polisi

"Kami terjunkan tim lengkap gabungan khusus mengamankan umat Kristiani yang melakukan kebaktian malam ini," katanya usai memimpin apel gelar pasukan di Arek Lancor, Pamekasan.

Masing-masing gereja itu,, kata dia, dijaga oleh tim gabungan dari unsur Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan, dan tim penembak jitu dari Brimob Polda Jatim.

Baca juga: Bupati Pamekasan luncurkan Rumah Batik Color

"Semua itu kami lakukan untuk menciptakan rasa aman," ujar dia.

Ia mengatakan, khusus untuk pengamanan malam tahun baru kali ini, pihaknya menerapkan dua pola pengamanan, yakni pola pengamanan terbuka dan tertutup.

Baca juga: Pemkab Pamekasan keruk aliran sungai untuk antisipasi banjir

Yang dimaksud dengan pola pengamanan terbuka adalah pengamanan yang dilakukan oleh petugas berpakaian seragam dinas.

Sedangkan pola pengamanan tertutup dilakukan oleh petugas yang berpakaian preman, seperti intelkam, reskrim dan tim narkoba Polres Pamekasan.

Menurut dia, total jumlah personel yang disiagakan untuk pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sebanyak 561 personel.

Perinciannya terdiri dari personel Polres Pamekasan sebanyak 250 orang, Brimob Subden 3 Den A 50 orang, Kodim 0826 Pamekasan sebanyak 100 orang, Pom TNI 9 orang, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan sebanyak 30 orang.

Selanjutnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) sebanyak 30 orang, Senkom Mitra Polri sebanyak 15 orang, Pramuka sebanyak 15 orang, dan petugas medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Pamekasan 6 orang.

Selain itu, personel yang juga bergabung untuk pengamanan Perayaan Natal 2019 dan Pergantian Malam Tahun Baru 2020 ini dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) 6 orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan 6 orang, PLN 6 orang, dan dari Jasa Raharja 6 orang.

Selain itu, ada lagi unsur Senkom 6 orang, PMI 6 orang, Orari 6 orang, RAPI 6 orang, dari radio 2 orang.

"Khusus malam ini yang kami kerahkan sebanyak 449 personel dari jumlah total personel sebanyak 561 personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru," katanya, menjelaskan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi habiskan malam pergantian tahun di Yogyakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar