Belum perlu membuat Pansus Jiwasraya. Pertama, karena Kementerian BUMN sedang mengambil langkah penyelamatan. Kedua, ini sudah pasti ada fraud di mana Kejaksaan Agung sudah masuk dalam kasus ini
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (31/12) mulai dari uang beredar yang meningkat 7,1 persen pada November 2019 hingga Komisi XI DPR tidak akan buru-buru membentuk Pansus Jiwasraya.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Uang beredar meningkat

Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada November 2019 tercatat Rp6.072,7 triliun atau meningkat 7,1 persen (yoy) lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pada Oktober sebesar 6,3 persen (yoy).

Pertumbuhan M2 itu berasal dari peningkatan komponen uang beredar dalam arti sempit (M1) yang meningkat dari 6,6 persen (yoy) pada Oktober 2019 menjadi 10,5 persen (yoy) pada November 2019, yang bersumber dari peningkatan uang kartal dan giro rupiah.

Berita selengkapnya di sini

2. Bendung Kamijoro Kulon Progo tingkatkan ketahanan pangan

Presiden Joko Widodo mengatakan Bendung Kamijoro yang dibangun di aliran Sungai Progo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, penting dalam meningkatkan ketahanan pangan karena mampu menyediakan air yang cukup untuk aktivitas pertanian.

“Bendung Kamijoro memberi manfaat irigasi sawah seluas 2.370 hektare di Kabupaten Bantul dengan meningkatkan intensitas tanam dari 205 persen menjadi 270 persen,” katanya.

Berita selengkapnya di sini

3. Tarif Tol Surabaya-Mojokerto berubah mulai 3 Januari 2020

PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) akan melakukan perubahan tarif ruas tol Surabaya-Mojokerto mulai 3 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

Perubahan tarif tersebut sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1220/KPTS/M/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol Surabaya Mojokerto.

Berita selengkapnya di sini

4. Harga tandan buah segar kelapa sawit Riau naik

Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit Riau periode 1–7 Januari 2020 untuk kelompok umur 10-20 tahun tercatat sebesar Rp2.037,52 per kg atau naik Rp22,74/per kg dibandingkan dengan harga seminggu sebelumnya yaitu Rp2.014,78 per kg.

"Kenaikan harga TBS periode ini disebabkan oleh kenaikan harga jual CPO dan kernel dari sebagian perusahaan yang menjadi sumber data," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Ferry HC Erna Putra.

Berita selengkapnya di sini

5. Komisi XI DPR tidak akan buru-buru bentuk Pansus Jiwasraya

Komisi XI DPR tidak akan terburu-buru mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) untuk mengungkap kasus yang terjadi di BUMN PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sebab akan melakukan rapat gabungan terlebih dahulu.

“Belum perlu membuat Pansus Jiwasraya. Pertama, karena Kementerian BUMN sedang mengambil langkah penyelamatan. Kedua, ini sudah pasti ada fraud di mana Kejaksaan Agung sudah masuk dalam kasus ini,” kata Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto.

Berita selengkapnya di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020