Bogor (ANTARA) - Tinggi permukaan air di Bendung Katulampa didi Kota Bogor pada Rabu sekitar 09.00 WIB naik lagi menjadi 170 cm atau Siaga II akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya.

Petugas Pintu Air Bendung Katulampa, Andi Sudirman di Bogor, Jawa Barat, Rabu menuturkan, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa terus naik karena hujan terus turun secara merata.

Menurut Andi Sudirman, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa pada Selasa (31/12) sekitar pukul 18.00 WIB adalah 60 centimeter 
(cm) atau Siaga IV. Sedangkan pada Rabu pagi ini naik lagi menjadi 170 cm atau Siaga II.

"Air dari Bogor mengalir ke Jakarta membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 12 jam," katanya.

Baca juga: Katulampa Siaga IV
Baca juga: Katulampa Siaga 3, BPBD DKI minta personel wilayah waspada


Menurut Andi Sudirman, banjir yang sudah terjadi di beberapa lokasi di Jakarta pada Rabu pagi karena Jakarta juga turun hujan pada Selasa (31/12) sore hingga malam.

Andi mengingatkan warga Jakarta terutama yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai agar lebih berhati-hati dan bersiaga karena air dari Bogor ke Jakarta akan mengalir dalam waktu delapan hingga 12 jam.

Berdasarkan pantauan ANTARA, hujan terus-menerus mengguyur Kota Bogor dan sekitarnya menjelang Tahun Baru 2020 pada Selasa (31/12) sejak siang sekitar pukul 13.00 WIB hingga sekitar pukul 21.00 WIB.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020