Pada pukul 05.00 WIB Perumahan Sekretariat Negara Cempaka Putih di Jakarta Pusat, banjir terjadi dengan ketinggian air 30 hingga 50 cm
Jakarta (ANTARA) - Air menggenangi sejumlah ruas jalan menuju Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, sedangkan satu pohon tumbang ke arah kali Ancol di pintu masuk Bus Transjakarta ke halte Ancol, akibat hujan yang terus menerus turun sejak Selasa (31/12) sore.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Jakarta, Rabu, pohon tumbang tersebut tidak menghalangi lalu lintas di depan halte Bus Transjakarta di Ancol. Akar pohon tumbang itu terlihat tidak jauh dari permukaan tanah.
 
Pohon tumbang di area dekat Halte TransJakarta Ancol, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak).


Jalan-jalan yang tergenang air, antara lain Jalan Gunung Sahari dan area depan Halte Transjakarta Pademangan.

Hingga saat ini, kendaraan masih bisa melintas di jalanan di daerah itu.


Banjir menggenangi Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak).

Hingga saat ini tinggi muka air Kali Ancol meningkat, meski belum membanjiri jalanan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan tentang akan adanya hujan deras di seluruh wilayah Jabodetabek dan kemungkinan akan terjadi banjir.

Hujan mengguyur sejak Selasa (31/2) sore hingga malam, sedangkan sejak Rabu dini hari banjir sudah terjadi di Bekasi.

Sejumlah area di Jakarta juga dilanda banjir sejak pagi, antara lain pukul 06.00 WIB di kawasan Rumah Sakit TNI AL Dr Mintoharjo, Jalanl Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan banjir setinggi paha orang dewasa. Pada pukul 05.00 WIB Perumahan Sekretariat Negara Cempaka Putih di Jakarta Pusat, banjir terjadi dengan ketinggian air 30 hingga 50 cm.

Air juga merendam perumahan warga di Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Kawasan Jalan Bambu Kuning Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat juga dilaporkan terjadi banjir dengan ketinggian air mencapai 50-60 cm.

Baca juga: Banjir Jakarta, Tol Semanggi-Jagorawi ditutup sementara

Pada pukul 04.07 WIB banjir setinggi 25-40 cm terjadi di depan Kampus Borobudur Jln. Raya Kalimalang Jakarta Timur. Kendaraan sejenis sedan diimbau tidak melintas.

Pada pukul 04.11 WIB banjir dengan ketinggian air 30 cm terjadi di TL. Arion Jln. Pemuda Jakarta Timur, pukul 05.00 WIB kompleks BPPT Meruya Jakarta Barat, baru pertama kali banjir masuk rumah warga. Kawasan Pulogadung dan Pulomas mengalami banjir dengan ketinggian lima meter.

Pada akhir tahun 2019, juga dilaporkan terjadi banjir di beberapa wilayah, seperti Labuhan Batu di Sumatera Utara, Lahat di Suamtera Selatan, Bandung Barat di Jawa Barat, Jalan Tol Cipali km 136 Indramayu di Jawa Barat.

BMKG memprediksi hujan lebat masih akan terjadi dari pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek. Warga diharapkan siaga dan bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan banjir, serta menyelamatkan dokumen dan barang-barang penting untuk disimpan di tempat aman. Warga juga diimbau untuk menyiapkan baterai cadangan untuk persiapan jika terjadi pemadaman listrik.

Baca juga: Hujan reda, tapi genangan masih merajalela
Baca juga: Pengamat: Jakarta perlu segera benahi sistem drainase
Baca juga: Banjir Jakarta, Anies minta transportasi publik tersedia bagi warga

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020