Obat-obatan, alat medis, satu Puskesmas sekitar 10 petugas sudah bertugas. 22 Puskesmas dari 36 Puskesmas telah membuka posko bantuan dan kesehatan
Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten menyiagakan 22 puskesmas yang beroperasi selama 24 jam untuk membantu warga yang terkena dampak banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi di Tangerang Rabu mengatakan, sejak hari Raya Natal, Dinkes telah mempersiapkan personil dan perlengkapan tanggap banjir. Sehingga, dalam situasi banjir disejumlah tiitk Kota Tangerang Dinkes tidak gagap penanganan.


“Obat-obatan, alat medis, satu Puskesmas sekitar 10 petugas sudah bertugas. 22 Puskesmas dari 36 Puskesmas telah membuka posko bantuan dan kesehatan. Dokter dan bidan pun sudah sigap dalam penanganan ibu hamil atau melahirkan,” ungkap Liza Puspadewi, Kepala Dinkes.

Diketahui, tak sekadar posko Dinkes juga sudah menurunkan seluruh ambulan untuk membantu BPBD dalam proses evakuasi.

“Semua masyarakat dapat menggunakan semua Puskesmas, semua alat dan obat tersedia. Terlebih oksigen dan bahan habis pakai, Dinkes dan ratusan petugasnya siap 24 jam menangani masyarakat,” katanya.

Baca juga: Jalan TB Simatupang banjir, kendaraan bermotor dialihkan ke jalan tol

Baca juga: Tips bersih-bersih rumah setelah banjir

Baca juga: Pelajar SMA tewas tersengat listrik saat banjir di Kemayoran


Terjadi hujan lebat sepanjang malam, sejumlah titik di Kota Tangerang mengalami kebanjiran. Pemerintah Kota Tangerang melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sigap menangani musibah tersebut.

Mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, PUPR hingga Dinas Sosial (Dinsos) dan sejumlah OPD lainnya langsung terjun ke lapangan, membantu masyarakat.

Kepala BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra menuturkan, evakuasi di lakukan petugas di beberapa lokasi banjir.

"BPBD terus berkoordinasi dengan semua pihak dan bersinergi dalam penanganan banjir serta evakuasi warga ke tempat aman," ujar Irman dalam keterangannya.

Kemudian, warga yang membutuhkan informasi dan bantuan dari Pemerintah Kota Tangerang, maka bisa menghubungi layanan 112 atau posko BPBD Kota Tangerang dengan nomor telepon 021-5582144.



Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020