Jakarta (ANTARA) - Sebagian dari Anda mungkin bersiap kembali bekerja usai masa liburan Natal dan tahun baru usai. Apa yang perlu Anda siapkan sembari mengucap salam perpisahan pada liburan?

Berikut tipsnya seperti dihimpun dari sejumlah sumber:

Bangun lebih awal

Bangun lebih awal dan berangkat ke tempat kerja lebih cepat bisa menjadi ide bagus. Anda bisa memulai apa yang mungkin terlewatkan sebelum liburan.

"Itu akan mengurangi longsoran beban kerja dan memberi Anda langkah awal, tanpa gangguan," kata Lynn Taylor, seorang penulis buku "Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job" seperti dilansir Business Insider.

Sementara itu, CEO Mediacom Karen Blackett mengaku, selain bangun lebih awal, dia juga biasanya meminum jus sehat.

"Memulai hari dengan jus hijau, datang ke kantor sejam lebih awal dari biasanya dan menyisihkan sejam untuk memeriksa surat elektronik dan berkas internal," kata dia seperti dilansir Telegraph.

Jangan mengeluh

Jangan menggerutu dan mengeluh karena liburan sudah usai. Fokus pada tahun yang baru dan kesempatan di depan mata. Ingatkan diri alasan menikmati pekerjaan selama ini, kata pendiri organisasi Cityparents, Louisa Symington-Mills.

Periksa jadwal

Coba periksa ulang jadwal Anda. Jangan mencoba menjejalkan terlalu banyak hal ke dalam jadwal mingguan Anda, kalau tidak ingin berakhir kelelahan.

Periksa surel perlahan

Periksa surat elektronik tetapi jangan terlalu lama menanggapi surat yang Anda lewatkan selama akhir pekan.

"Jangan mengacaukan aktivitas memeriksa surat elektronik dengan pekerjaan produktif, tanggapi saja surat yang harus lekas dibalas," ujar sensitif terhadap waktu," kata Miranda Kerr, penulis "The Humor Advantage,".

Perlahan fokus pada pekerjaan

Pulihkan otak Anda dari liburan dan mulailah berpikir soal pekerjaan. Orang-orang sukses dapat melakukannya dan menghindari aktivitas tak produktif setelah liburan.

Baca juga: Kembali bekerja usai liburan? Mulailah dengan tidur lebih awal

Baca juga: Agar tak merasa stres usai liburan

Baca juga: Stres usai liburan? Bisa jadi ini penyebabnya

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020