Konsumsi avtur naik 5,1 persen selama libur akhir tahun

Konsumsi avtur naik 5,1 persen selama libur akhir tahun

Sebuah pesawat diparkir di salah satu bandara. (ANTARA/ A Malik Ibrahim)

dari 13 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang berada di wilayah MOR V rata-rata mengalami kenaikan konsumsi sebesar 84,7 persen dari konsumsi normal.
Surabaya (ANTARA) - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V yang berada di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara mencatat kenaikan konsumsi avtur atau bahan bakar pesawat terbang selama libur akhir tahun sebesar 5,1 persen dari rata-rata normal sebesar 3.650 kilo liter (KL) per hari.

General Manager Pertamina MOR V, Werry Prayogi di Surabaya, Rabu,  mengatakan dari 13 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang berada di wilayah MOR V rata-rata mengalami kenaikan konsumsi sebesar 84,7 persen dari konsumsi normal.

Ia mengatakan, seperti DPPU Bandara Juanda di Sidoarjo yang mengalami peningkatan sebesar 12,3 persen dari rata-rata normal, kemudian DPPU Ngurah Rai, Bali, mengalami peningkatan sebesar 1,5 persen dari rata-rata normal.

Berikutnya, DPPU Lombok yang mengalami peningkatan sebesar 4,2 persen dari rata-rata normal, DPPU Eltari Kupang NTT mengalami peningkatan sebesar 46,6 persen, serta DPPU Komodo mengalami peningkatan sebesar 13,5 persen dari rata-rata normalnya.

Baca juga: Menko Airlangga sebut avtur satu harga akan dikaji

Sementara itu untuk konsumsi BBM, Werry mencatat adanya peningkatan konsumsi di berbagai jenis produk Perta-series, seperti Pertalite sebanyak 7 persen dan Pertamax sebesar 4 persen.

Untuk produk Dex-series juga mengalami peningkatan, yaitu Dexlite sebanyak 14 persen dan Pertamina Dex sebesar 28 persen.

Ia mengatakan, meningkatnya konsumsi BBM itu salah satu penyebabnya adalah tersambungnya jalan tol Trans Jawa dari Jakarta – Surabaya, hingga ke Malang dan Probolinggo yang turut menyumbang adanya kenaikan konsumsi pada produk gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) dan gasoil (Solar, Dexlite serta Pertamina Dex).

"Khusus di SPBU sepanjang jalur tol Trans Jawa, kami catat mengalami kenaikan sebesar 63 persen untuk gasoline dan 26 persen untuk gasoil," katanya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim Satgas Natal dan Tahun Baru 2020 Pertamina.

"Termasuk  para awak mobil tangki dan petugas SPBU yang tidak kenal lelah bekerja untuk selalu mengantarkan BBM agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas," katanya.

Ia mengaku, para awak mobil tangki dan petugas operator SPBU tetap bekerja di saat libur, sehingga BBM dapat terus disalurkan dan dinikmati oleh masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Selanjutnya, kami prediksi puncak arus balik libur Tahun Baru 2020 terjadi pada Sabtu-Minggu akhir pekan ini," katanya.
Baca juga: Pertamina: Pembangunan SPBU di Tol Trans-Sumatera selesai Maret 2020



 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tiket pesawat mahal, konsumsi avtur turun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar