Sifatnya situasional selama satu jam
Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, menutup jalan menuju Puncak mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur-By Pass, Cianjur, menjelang sore guna mengantisipasi macet total di jalur Utama Puncak, pada libur panjang tahun baru.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama di Cianjur Rabu, mengatakan penutupan dilakukan akibat tingginya volume kendaraan menuju Bogor dari kawasan Cipanas, terlebih menjelang tutupnya sejumlah tempat wisata berbaur dengan pendatang yang hendak kembali ke daerahnya masing-masing seperti Jabodetabek.

"Padatnya arus menuju Bogor dari arah Cipanas-Puncak, sehingga perlu dilakukan antisipasi dengan penutupan arus dari Cianjur menuju Puncak. Sifatnya situasional selama satu jam," katanya.

Ia menjelaskan jalur akan kembali dibuka jika volume kendaraan di Jalur Puncak-Bogor mulai berkurang dan tidak terjadi antrian panjang. Penutupan dapat diperpanjang jika antrian panjang terjadi menjelang malam dengan ekor antrian mencapai wilayah Cipanas.

"Saat ini antrian kendaraan di wilayah Puncak menuju Bogor mulai terjadi, sehingga penyekatan akan dilakukan di sejumlah titik di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, agar tidak berimbas, sebagai upaya antisipasi," katanya.

Pantauan hingga sore menjelang, arus kendaraan di kawasan Cipanas hingga Puncak, masih terlihat normal, pengendara dapat melarikan kendaraan dengan laju diatas rata-rata, meskipun laju kendaraan tersendat di titik rawan seperti Jalan Raya Cipanas, Pertigaan Kebun Raya Cibodas dan Hanjawar.

Sementara volume kendaraan pendatang yang menghabiskan libur panjang akhir tahun di kawasan Puncak-Cipanas, terlihat masih tinggi. Bahkan tingkat hunian hotel masih terisi penuh hingga tanggal 2 Januari.

Baca juga: Polres tutup jalur menuju Puncak dari Cianjur
Baca juga: Volume kendaraan di Jalur Puncak-Cianjur mulai meningkat

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020