Semarang (ANTARA) - Ketua Harian DPD I Partai Golkar
​​​​​​Provinsi Jawa Tengah Iqbal Wibisono menyatakan partai berlambang Pohon Beringin ini hanya bisa mengusung pasangan calon sendiri pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan 2020.

"Kendati demikian, Partai Golkar ingin berpartisipasi aktif untuk mengusung atau mendukung pasangan calon peserta pilkada di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada tahun ini," kata Dr. H.M. Iqbal Wibisono, S.H., M.H. di Semarang, Rabu.

Dalam hal ini, lanjut Iqbal, Partai Golkar tidak hanya mengusung kader sendiri, tetapi juga ikut mendukung pasangan calon dari kader parpol lainnya yang menurut kriteria memang patut untuk mendapat dukungan dari partainya.

Karena dari 21 daerah, hanya 1 daerah yang bisa maju sendiri, pihaknya harus berkoalisi atau bergabung dengan partai lain.

Menyinggung target kemenangan pada Pilkada Serentak 2020 di Jawa Tengah, Iqbal mengatakan bahwa pihaknya menargetkan minimal 30 persen dari 21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada.

Iqbal lantas menyebutkan sejumlah kader Partai Golkar yang untuk sementara siap, yakni Hajah Balqis Diab (Ketua DPRD Kota Pekalongan) sebagai calon wali kota, Joko Santoso (Wakil Bupati Demak) sebagai calon wakil bupati, Sudono (Ketua DPD II Partai Golkar Purbalingga) sebagai calon wakil bupati.

Selain mereka, lanjut Iqbal, Yoga Hardaya (Ketua DPD II Partai Golkar Klaten) dan Yuli Astuti (Wakil Bupati Purworejo). Keduanya menyatakan siap menjadi calon wakil bupati di daerah masing-masing.

Iqbal menyebutkan 21 daerah yang akan menyelenggarakan pilkada, 23 September 2020, yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Rembang, dan Kota Surakarta

Berikutnya, Kabupaten Purbalingga, Boyolali, Blora, Kendal, Sukoharjo, Wonosobo, Wonogiri, Purworejo, Sragen, Klaten, Pemalang, Grobogan, dan Demak. 

Baca juga: Ganjar Pranowo sebut kerukunan jadi tantangan pada Pilkada 2020

Baca juga: Gibran ikuti uji kelayakan di DPD PDIP Jateng

Baca juga: PDIP Jateng tambah tim pada hari terakhir penjaringan kandidat pilkada

Baca juga: PDIP Jateng belum berkomunikasi dengan Gibran terkait Pilkada Solo

Pewarta: D.Dj. Kliwantoro
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020