Menhub pastikan Bandara Halim besok beroperasi normal

Menhub pastikan Bandara Halim besok beroperasi normal

Petugas keamanan bandara berjaga di pintu keberangkatan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/1/2020). ANTARA FOTO/Risky Andrianto/aww/pri.

Hasil inspeksi dan asesmen di lapangan, runway dan lampu sudah dapat berfungsi kembali
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Halim Perdanakusuma pada Kamis (2/1) akan kembali normal setelah lumpuh akibat landasan pacu terendam banjir pada Rabu (1/1).

“Hasil inspeksi dan asesmen di lapangan, runway dan lampu sudah dapat berfungsi kembali. Sore ini Bandara Halim sudah di buka dan besok sudah bisa operasi normal kembali,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Aktivitas penerbangan Halim Perdanakusuma kembali normal pada Kamis

Menhub Budi pada Rabu (1/1) melakukan peninjauan ke Bandara halim Perdana Kusumah, Jakarta, yang sempat ditutup hari ini karena adanya genangan air di area runway. Operasional Bandara Halim PK sendiri telah dibuka sejak pukul 14.30 WIB sore tadi.

Berangkat dari Stasiun Gambir usai kunjungan kerja di Cirebon, Menhub langsung bergerak menuju Bandara Halim PK. Di sana, Menhub memantau kondisi runway yang sempat tergenang.

Hari ini di Bandara Halim, pesawat yang dapat beroperasi adalah pesawat bertipe sejenis A320 dan Boeing 737, dikarenakan landasan pacu belum dapat berfungsi optimal menyusul masih ada genangan air di tepi landasan pacu.

Diharapkan besok bandara sudah dapat berfungsi normal.

Kementerian Perhubungan terus memonitoring dan berkoordinasi dengan operator bandara, operator penerbangan terkait perkembangan kondisi Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca juga: Ini daftar penerbangan Lion Group terdampak banjir Bandara Halim
Baca juga: Landasan pacu banjir, penerbangan halim dialihkan ke Soekarno-Hatta


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenhub beri bansos ke 1.000 mitra transportasi darat Bandung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar