Trump: AS, China segera mulai perundingan dagang Tahap Kedua

Trump: AS, China segera mulai perundingan dagang Tahap Kedua

Dokumentasi - Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan bilateral kedua negara pada KTT pemimpin negara G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). ANTARA/REUTERS/Kevin Lamarque/aa.

Kesepakatan dengan China akan ditandatangani, mungkin pada 15 Januari... Kita akan segera memulai perundingan tahap kedua dan menurut saya tahap kedua bisa diselesaikan
Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu mengungkapkan bahwa Washington dan Beijing akan segera memulai perundingan menyangkut kesepakatan ekonomi dan perdagangan Tahap Kedua.

Trump menambahkan bahwa perundingan tersebut akan dapat diselesaikan.

"Kesepakatan dengan China akan ditandatangani, mungkin pada 15 Januari... Kita akan segera memulai perundingan tahap kedua dan menurut saya tahap kedua bisa diselesaikan," kata Trump kepada para wartawan.

Pada Desember, Amerika Serikat dan China mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan kesepakatan dagang Tahap Pertama sebagai bagian dari perjanjian perdagangan bilateral yang lebih luas guna membantu upaya penyelesaian perang dagang, yang saat ini sedang berlangsung di antara kedua negara itu.

Sebagai bagian dari perjanjian, kedua pihak setuju untuk tidak menerapkan dulu berbagai pajak baru, yang sebelumnya direncanakan mulai berlaku pada 15 Desember.

Menurut sejumlah pejabat pemerintahan Trump, Tahap Pertama akan mencakup penurunan tarif, peningkatan penjualan produk pertanian, dan beberapa perubahan struktural menyangkut hak cipta dan masalah teknologi.

Utusan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan bagian pertama kesepakatan dagang dengan China itu akan ditandatangani pada awal Januari. Namun, Beijing belum memastikan kerangka waktu tersebut.

Sumber: Sputnik

Baca juga: Trump: kesepakatan dagang dengan China akan "segera" diteken

Baca juga: Trump urungkan niat pemberlakuan tarif produk baja Brazil

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ma'ruf Amin: Indonesia dukung upaya damai AS dan China

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar