130 tempat tinggal sementara pengungsi banjir Jakarta

130 tempat tinggal sementara pengungsi banjir Jakarta

Suasana Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan memantau lokasi Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). ANTARA/Livia Kristianti/pri.

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan telah menyiapkan sekitar 130 tempat tinggal sementara untuk warga pengungsi banjir Jakarta.

"Hujan sudah reda di Jakarta. Di lokasi pengungsian, kami fasilitasi sampai air surut," kata Anies di Jakarta, Rabu.

Lokasi pengungsian itu menampung warga pengungsi mencapai 19.109 orang yang tersebar di lima kawasan DKI Jakarta. Pengungsi terbanyak di Jakarta Timur dengan total 9.248 pengungsi.

Selanjutnya Jakarta Selatan 5.080 pengungsi, Jakarta Barat 3.583 pengungsi. Jakarta Utara sebanyak 888 pengungsi dan terakhir Jakarta Pusat menampung sebanyak 310 pengungsi.

Anies mengatakan saat ini tantangan pemerintah provinsi yakni mengantisipasi air yang datang dari hulu di kawasan pegunungan. Daerah Jatinegara Barat kata Anies, salah satu tempat aliran sungai Ciliwung melimpah.

Baca juga: Kunjungi Kampung Melayu, Anies dapat protes dari warga

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) terjadi hingga minggu depan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan intensitas hujan tersebut terjadi di saat belum memasuki puncak musim hujan.

"Ini yang perlu kita cermati, saat ini adalah belum memasuki puncak musim hujan. Jadi atensi hujan rendah dan hujan lebat masih ada sampai seminggu ke depan," ujar Fachri.

Fachri mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi pasang air laut yang diprediksi terjadi dalam awal minggu Januari 2020.

Baca juga: Camat Cipondoh membenarkan satu anak diduga hilang hanyut

Baca juga: Wanita tewas tersengat listrik saat banjir di Koja

Baca juga: Pengusaha minta Pemprov DKI sigap atasi dampak banjir

Pewarta: Fauzi/Livia
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Anies surati pemerintah pusat minta karantina Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar