Menggratiskan jalan tol tidak akan mengurangi beban masyarakat karena banjir namun hal ini adalah sebagai kompensasi kepada pengguna jalan tol yang terdampak musibah ini.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (1/1) mulai dari Kementerian BUMN yang menggratiskan jalan tol dalam Kota Jakarta hingga Bandara Halim Perdanakusuma akan kembali normal pada Kamis (2/1).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Akses jalan tol dalam Kota Jakarta digratiskan

Kementerian BUMN berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menggratiskan jalan tol dalam kota Jakarta selama 18 jam yaitu mulai Rabu (1/1) pukul 18.00 WIB sampai Kamis (2/1) pukul 12.00 WIB.

“Menggratiskan jalan tol tidak akan mengurangi beban masyarakat karena banjir namun hal ini adalah sebagai kompensasi kepada pengguna jalan tol yang terdampak musibah ini,” kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Berita selengkapnya di sini

2. Amankan kelistrikan hindari dampak banjir

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui aksi korporasi Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi keamanan aliran listrik di beberapa wilayah yang terdampak banjir di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya.

"Kami perintahkan PLN segera melakukan antisipasi bahaya korsleting akibat arus pendek di lokasi yang terdampak banjir demi keselamatan masyarakat terhindar dari bahaya arus listrik,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi.

Berita selengkapnya di sini

3. Bandara Halim beroperasi normal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Halim Perdanakusuma akan kembali normal  pada Kamis (2/1) setelah  lumpuh akibat landasan pacu terendam banjir pada Rabu (1/1).

“Hasil inspeksi dan asesmen di lapangan, runway dan lampu sudah dapat berfungsi kembali. Sore ini Bandara Halim sudah di buka dan besok sudah bisa operasi normal kembali,” katanya.

Berita selengkapnya di sini

4. Tol JORR-S dan Akses Tanjung Priok aman dilalui

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi S dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP) memastikan bahwa hingga Rabu (1/1), kondisi kedua ruas tol tersebut masih aman dan belum terdampak banjir.

“Tol JORR S dan ATP masih kami buka karena banjir belum berdampak signifikan terhadap kondisi jalan sehingga aman dilalui oleh pengguna. Tidak ada penutupan gerbang tol sejauh ini,” kata Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan.

Berita selengkapnya di sini

5. Penyebab banjir Tol Cipali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang mencari penyebab banjir di Tol Cipali KM 136.

"Kami bersama Dirjen Darat, Kementerian PU sedang mencari penyebabnya,” katanya.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: Belum kena banjir, Tol JORR-S dan Akses Tanjung Priok aman dilalui
Baca juga: Round up - Jakarta dikepung banjir, ribuan orang terpaksa mengungsi

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020