Universal Pictures hapus "Cats" dari daftar kampanye Oscar

Universal Pictures hapus "Cats" dari daftar kampanye Oscar

Cuplikan film "Cats" (2019). (ANTARA/HO/Universal)

Jakarta (ANTARA) - Universal Pictures menghapus film drama musikal terbarunya, "Cats" dari laman For Your Award Consideration (FYC) 2019, sebagaimana dikutip dari Variety, Kamis.

Situs FYC merupakan laman yang berisikan daftar film Universal yang memenuhi syarat untuk mengikuti ajang penghargaan internasional. Di dalamnya juga terdapat daftar lengkap jadwal pemutaran film di berbagai kota untuk dipromosikan, serta kategori yang dibidik dalam ajang Academy Awards.

Seorang sumber mengungkapkan kepada Variety bahwa "Cats" juga tidak ditampilkan di layanan streaming khusus Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), yang memungkinkan anggotanya menonton daftar seleksi film Oscar.

Sejauh ini, "Cats" baru mendapatkan satu nominasi internasional yakni pada kategori Best Original Song dalam ajang Golden Globe Awards 2020 mendatang. Selain itu, hampir dipastikan bahwa "Cats" tidak akan berlaga dalam penghargaan Oscar tahun depan.

Adapun laman For Your Consideration Universal Pictures saat ini menampilkan enam judul film rilisan 2019 yakni "Us", "1917", "Queen & Slim", "How to Train Your Dragon: The Hidden World", "Abominable", dan "The Secret Life of Pets 2".

"Cats", yang disutradarai oleh Tom Hooper itu merupakan adaptasi dari drama musikal Llyod Andrew. Film ini telah dirilis di pasar domestik Amerika Utara pada 20 Desember lalu.

Film dengan anggaran produksi 100 juta dolar AS hanya mampu menghasilkan 15,3 juta dolar AS di seluruh dunia pada enam hari pertamanya.

Walaupun bertabur bintang besar di dalamnya, banyak ulasan yang tidak baik dari kritikus maupun pecinta film mengenai film ini. Bahkan, pada situs Rotten Tomatoes, "Cats" hanya mendapat rating 18 persen saja.

Segera setelah film ini dirilis awal Desember 2019, Universal mengirim versi baru film tersebut ke bioskop dengan memo yang mengatakan cetakan digital baru akan mencakup "efek visual yang ditingkatkan."



Baca juga: "Cats" menuju rugi 100 juta dolar AS

Baca juga: Jason Derulo tak permasalahkan kritik negatif film "Cats"

Baca juga: Rebel Wilson susut 4 kg main di "Cats"
 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar