Kalau untuk tahun ini target kami sebanyak 650.000 pengunjung. Mudah-mudahan tercapai
Solo (ANTARA) - Jumlah pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jurug Solo Zoo pada libur tahun baru 2020 membludak seiring dengan peningkatan fasilitas di objek wisata tersebut.

"Dari target 20.000 orang, pengunjung yang datang pada tanggal 1 Januari 2020 mencapai 24.351 orang," kata Direktur TSTJ Bimo Wahyu Widodo di Solo, Kamis.

Ia mengatakan angka tersebut meningkat jika dibandingkan pada libur tahun baru 2019 yang jumlahnya mencapai 21.625 orang. Menurut dia, kenaikan tersebut tidak lepas dari perbaikan di internal area Jurug Solo Zoo salah satunya infrastruktur.

Selain itu, dikatakannya, ada komponen 3A yang juga menjadi perhatian pihak pengelola, yaitu atraksi sebagai daya tarik utama sebuah destinasi wisata, amenitas sebagai fasilitas pendukung, dan aksesibilitas.

"Bahkan, upaya perbaikan di semua bagian akan terus kami lakukan agar pengunjung nyaman dan datang lagi ke sini bahkan melakukan 'getok tular' (promosi dari mulut ke mulut) ke pada keluarga dan sahabatnya," katanya.

Sementara itu, upaya lain yang dilakukan oleh pihak pengelola adalah terus menambah jumlah koleksi satwa di kebun binatang tersebut. Beberapa satwa baru yang didatangkan di sepanjang tahun 2019 di antaranya, burung onta jantan 1 ekor, kijang 2 pasang, rusa sambar 2 ekor, kebo bule 1 pasang.

"Selain itu, kami juga ada kambing batur 5 ekor, kambing ceko sepasang, buaya 2 ekor, singa betina 1, rusa tutul sepasang, dan ular sanca 2 ekor," katanya.

Dengan penambahan tersebut, dikatakannya, total satwa yang dimiliki oleh Jurug Solo Zoo sebanyak 441 ekor, dengan jumlah spesies sebanyak 86 spesies.

Terkait dengan realisasi jumlah pengunjung sepanjang tahun 2019, pihaknya mencatat total sebanyak 564.928 pengunjung. Angka ini melebihi target awal sebanyak 500.000 pengunjung.

"Kalau untuk tahun ini target kami sebanyak 650.000 pengunjung. Mudah-mudahan tercapai," katanya.


Baca juga: TSTJ targetkan100 ribu pengunjung pada libur Lebaran
Baca juga: THR Sriwedari dan TSTJ Jurug di Solo digabung
Baca juga: Taman Satwa Taru Jurug Solo bikin program satwa asuh

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020