Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengirimkan bantuan berupa tiga perahu karet berikut personelnya dan logistik untuk membantu proses penanganan bencana banjir di daerah Bogor, Jawa Barat.

"Terdapat 20 personel dan tiga perahu karet. Kita kirimkan ke sana sekaligus dengan logistiknya," kata Bupati Garut Rudy Gunawan usai apel di Lapangan Sekretariat Pemkab Garut, Kamis.

Ia menuturkan Pemkab Garut membangun komunikasi dan koordinasi dengan seluruh pemerintah daerah di Provinsi Jabar, terutama dengan daerah yang terdampak bencana banjir.

Baca juga: BPBD Cianjur kirim 15 petugas ke wilayah banjir Bekasi dan Bogor

Baca juga: Gubernur Jabar tinjau banjir Bekasi dan Bogor

Baca juga: Tujuh orang dipastikan tewas akibat bencana di Kabupaten Bogor


Salah satunya pemerintah daerah di Bogor, kata Rudy, membutuhkan bantuan untuk penanganan bencana banjir, untuk itu Pemkab Garut langsung mengirimkan bantuan perahu dan logistik.

"Kita koordinasi apa saja yang bisa dibantu, ini sebagai upaya membantu Bogor yang sedang dilanda banjir," katanya.

Menurut dia, banjir yang terjadi setelah turun hujan deras itu menyebabkan air sungai meluap hingga akhirnya menggenangi pemukiman rumah penduduk di kota besar itu.

Ia menyampaikan prihatin dengan kejadian bencana banjir melanda Bogor, Bekasi dan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia sehingga perlu kerja sama dengan pemerintah daerah lainnya untuk membantu daerah tersebut.

Bupati berharap bencana banjir itu secepatnya surut agar masyarakat maupun pelayanan publik di daerah tersebut kembali normal seperti biasa. "Secepatnya banjir bisa surut dan masyarakat yang terdampak bisa kembali beraktivitas seperti biasa," katanya.*

Baca juga: Anak 15 tahun hanyut terseret banjir di Jasinga Bogor

Baca juga: Longsor di Bogor, satu orang meninggal dunia

Baca juga: Wali Kota Bogor inspeksi Katulampa, ingatkan warga antisipasi bencana

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020