Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan sekarang fokus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah evakuasi penyelamatan, belum yang lain termasuk antisipasi jika hujan deras kembali terjadi.

"Jadi kami saat ini konsentrasi pada evakuasi penyelamatan warga. Dan ini yang kami sedang pastikan berjalan dengan baik," kata Anies di Masjid Hasyim Asy'ari Jakarta, Kamis, saat ditanya antisipasi yang akan dilakukan jika ada banjir susulan.

Banjir tersebut, kata Anies, untuk pemulihan tidak bisa segera karena sebagian wilayah tersebut menunggu permukaan air laut surut.

"Jadi mudah-mudahan lebih cepat lebih baik," kata Anies.

Selain itu, Anies juga menyampaikan apresiasi imbauan pada masyarakat yang ingin membantu agar langsung diarahkan dan menghubungi posko-posko bencana yang ada di lokasi banjir yang memiliki informasi apa barang yang dibutuhkan.

"Banyak dari masyarakat yang ingin membantu. Kami sampaikan terima kasih. Kepada seluruh warga Jakarta dan sekitarnya, bila ingin membantu, datangi pos-pos bencana. Silakan lihat di Facebook, Instagram, kemudian website dari Pemprov DKI. Di situ ada alamat-alamat posko kami," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya serahkan bantuan bagi pengungsi Bendungan Hilir
Baca juga: Kampung Dongeng Indonesia hibur anak korban banjir Cipinang Melayu


Bantuan itu, terutama makanan, minuman dan perlengkapan bayi, kata Anies, sangat dibutuhkan para pengungsi. Terlebih banyak sekali tempat-tempat yang tertutup akses jalannya sejak kemarin.

"Banyak sekali tempat yang masih tertutup kemarin. Karena itu kalau ada bantuan makanan minuman, kemudian kebutuhan-kebutuhan dasar untuk bayi dan orangtua sulit sampai. Itu yang saya rasa bisa dijadikan kesempatan masyarakat untuk membantu," kata Anies.

Akibat hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi, menyebabkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Baca juga: Ciledug masih banjir, akses Jakarta-Tangerang terputus
Baca juga: Empat penyebab cuaca ekstrem dan banjir awal tahun


Posko banjir Jakarta mencatat hingga Rabu malam pukul 19.00 WIB jumlah pengungsi banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta mencapai angka 31.232 orang.

Pemprov DKI Jakarta menurunkan 120 ribu petugas untuk menanggulangi banjir tersebut.

Para pengungsi umumnya membutuhkan makanan, air bersih, selimut dan karpet.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020