Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono memastikan keamanan rumah yang terdampak banjir di Komplek IKPN Bintaro, Jakarta Selatan.

"Kepolisian-TNI akan melaksanakan patroli dan teman-teman pencinta alam akan melaksanakan patroli untuk memastikan masyarakat yang tinggal di situ aman," kata Gatot saat meninjau lokasi perumahan warga yang terdampak banjir di Komplek IKPN Bintaro, Jakarta Selatan, Kamis.

Kapolda juga memastikan tidak ada pihak-pihak yang menggunakan kesempatan ini untuk mengambil barang-barang milik warga.

Gatot mengatakan jajarannya akan melakukan penjagaan di pintu masuk perumahan dan berpatroli menggunakan perahu karet di lokasi yang terendam air.

"Kita akan jaga ini dari pintu masuk, gunakan perahu-perahu karet di dalam, kita sama-sama bersinergi antara Polri, TNI dan pemerintah daerah," katanya.

Dalam peninjauan tersebut, Gatot juga memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak banjir.

Baca juga: Pemkot Bogor bantu bersihkan material longsor di Ciluar Asri
Baca juga: Warga minta dievakuasi untuk cuci darah, Anies turun dari perahu karet


Kapolda Metro Jaya itu menyempatkan diri berbincang dengan Ketua RW 04, Dekeu, yang menjelaskan bahwa banjir di perumahan tersebut dipicu oleh tanggul yang jebol. Meski demikian warga berhasil mengungsi dan tidak ada korban jiwa

"Karena diinformasikan ada tanggul jebol di RW 12, Alhamdulillah tidak ada (korban)," ujar Dekeu.

Dekeu menjelaskan, banjir tiba-tiba saja menggenangi perumahan itu sekitar pukul 05.00 WIB pada Rabu (1/1). Kala itu, warga belum ada yang mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.
Baca juga: Banjir di Jatiasih surut, mobil bertumpukan di jalan masuk perumahan
Baca juga: Warga terdampak banjir di Jatiasih mulai bersihkan rumah

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020