Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita menarik menghiasi sektor  ekonomi pada Kamis (2/1/2019) kemarin mulai dari Presiden Joko Widodo, yang mengaku telah menerima laporan aksi goreng saham hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mempercepat pencairan bantuan sosial (bansos).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Laporan aksi goreng saham

Presiden Joko Widodo mengaku telah menerima laporan adanya aksi goreng saham sehingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) harus segera membersihkan manipulator perdagangan saham tersebut.

"Saya bicara pasti karena saya mendengar informasi dan tadi sudah saya sampaikan juga ke Pak Ketua OJK, Dirut BEI, dan semuanya. Kita mempunyai semangat yang sama untuk membangun sebuah kepercayaan, 'trust' bagi BEI,” katanya.

Berita selengkapnya di sini

2. Dorong UMKM dan ritel masuk pasar modal

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan investor ritel masuk pasar modal agar integritas pasar semakin terjaga.

"Tentunya ini menggunakan platform digital misalnya proses transaksi sekarang sudah mulai digital, pemesanan mulai digital,” katanya.

Berita selengkapnya di sini

3. Banjir tak pengaruhi stabilitas harga kebutuhan pokok

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan banjir yang melanda kawasan Jadetabek sejak 1 Januari 2020 tidak memberikan dampak yang besar pada stabilitas harga kebutuhan pokok jika cepat surut dan tidak mengganggu kelancaran distribusi.

"Kalau berkelanjutan dan tidak berpengaruh ke pasokan distribusi maka dampaknya tidak terlalu besar,” katanya.

Berita selengkapnya di sini

4. Drainase jalan tol harus dipelihara

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyarankan agar pengelola jalan tol untuk melakukan pemeliharaan saluran drainase tol disamping pemeliharaan rutin permukaan jalan tol.

"Alangkah baiknya pemeliharaan jalan tol tidak hanya dilakukan pada bagian permukaan namun juga perlu dilakukan pula pemeliharaan di bagian bawahnya atau bagian drainase,” katanya.

Berita selengkapnya di sini

5. Pencairan bansos dipercepat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan belanja untuk bantuan sosial (bansos) akan dicairkan lebih cepat pada kuartal pertama tahun 2020 untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Presiden sudah meminta kepada menteri untuk memanfaatkan semaksimal mungkin instrumen fiskal terutama pada Januari untuk mendukung ekonomi termasuk bansos," katanya.

Berita selengkapnya di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020