Lebak (ANTARA) -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten menyatakan untuk sementara bantuan untuk korban banjir bandang  warga di enam kecamatan relatif aman dan mencukupi.

"Kami menjamin persediaan logistik tidak ada masalah, karena bantuan dari berbagai instansi juga dari luar daerah terus mengalir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Jumat.

Baca juga: Banjir bandang di Lebak akibatkan 1.060 rumah rusak berat

BPBD Lebak bersama relawan terus menyalurkan bantuan aneka makanan berupa makanan siap saji, aneka makanan camilan, mie, gula, beras, pakaian, selimut dan lainnya.

Penyaluran bantuan itu dibagikan di tujuh posko pengungsian juga di lokasi-lokasi perkampungan warga yang terdampak bencana alam.

Saat ini, persediaan logistik dan aneka makanan, minuman kemasan dan mie melimpah dari bantuan instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, masyarakat, asosiasi hingga pribadi.

Mereka secara bahu membahu menyalurkan bantuan kepada BPBD maupun disalurkan ke lapangan dengan tetap koordinasi dengan BPBD.

"Kami mengapresiasi jiwa sosial mereka dengan membantu warga Lebak yang dilanda musibah bencana banjir bandang," katanya menjelaskan.

Baca juga: Banjir bandang mengakibatkan 28 jembatan rusak di Lebak

Sejumlah warga di Posko Pengungsian Kantor Kecamatan Cipanas mengatakan selama ini warga yang tinggal di pengungsian terpenuhi kebutuhan makanan, minuman hingga pakaian bekas dan selimut.

Bahkan, dirinya menerima bantuan beras, mie instan, lauk pauk, sarden, minuman dan pakaian.

"Kami sejak tiga hari terakhir ini tinggal di pengungsian terpenuhi kebutuhan makan sehari-hari," kata Ujang, seorang pengungsi di Posko Kantor Kecamatan Cipanas.

Baca juga: Korban banjir di Lebak mulai terserang gatal-gatal
Baca juga: Gubernur Banten apresiasi penanganan banjir di Lebak

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020