Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Jumat mengunjungi Rumah Susun (Rusun) Sederhana Karet Tengsin untuk meninjau keadaan kondisi para pengungsi dan korban banjir di wilayah Kelurahan Karet Tengsin.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam kunjungan tersebut didampingi oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

"Ini yang diperlukan banyak, di samping perahu karet, juga tambang karena ini aliran begitu deras dan masyarakat bisa dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi," kata Hadi saat meninjau Rusun Sederhana Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Jumat.

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri juga memberikan bantuan logistik, seperti beras, mi instan dan air mineral.

Dari pantauan, ruas Jalan Karet Pasar Baru yang bersebelahan dengan Kali Krukut telah surut dari banjir.

Sejumlah warga yang dibantu oleh Satpol PP Jakarta Pusat, aparat dari TNI dan Polri membersihkan sampah dan lumpur yang tersisa akibat banjir sejak Rabu (1/1).

Baca juga: Warga Cipinang Melayu pilih bertahan meski banjir surut
Baca juga: Aktivitas warga Cilandak Timur normal pascabanjir 1,5 meter


Adapun instruksi penyiapan perahu karet dan tambang ini diperlukan untuk kesiagaan dalam mengevakuasi korban banjir mengingat potensi hujan yang masih akan terjadi hingga dua hari ke depan.

BMKG dalam situs resminya memberikan Peringatan Dini Cuaca Jabodetabek pada Jumat, 3 Januari 2020, yakni potensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Muaragembong, Cengkareng.

Kondisi ini dapat meluas ke wilayah Tambora, Tamansari, Pademangan, Sawah Besar, Tanjung Priok, Kelapa Gading, Koja, Cilingcing, Tarumajaya, Babelan, Kronjo, Kresek, Rajeg, Sepatan, Batuceper, Benda, Kalideres, Penjaringan, Kembangan dan Kebon Jeruk.

Kemudian, Grogol Petamburan, Cipondoh, Gambir, Palmerah, Cabangbungin, Tambelang, Mauk, Pakuhaji, Teluknaga, Kosambi, Kemayoran, Cempaka Putih, Johar Baru, Menteng, Senen, Tanah Abang, Pulo Gadung, dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 12.30 WIB.
Baca juga: Banjir di Kemang surut, lalu lintas kembali normal
Baca juga: Usai banjir, ruas jalan di Jakarta Selatan bisa dilalui

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020