Bulu tangkis

Hendra masih "gatal" menangi medali emas Olimpiade

Hendra masih "gatal" menangi medali emas Olimpiade

Mohamad Ahsan dan Hendra Setiawan berfoto seusai latihan di Hall Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (3/1/2020). (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - Hendra Setiawan masih gatal untuk memenangi medali emas Olimpiade 2020, meski pebulutangkis berusia 35 tahun itu sudah pernah mengukir pencapaian puncak tersebut 12 tahun silam.

Hendra yang kini berpasangan dengan Mohammad Ahsan merupakan pemenang medali emas bulutangkis ganda putra Olimpiade 2008. Saat memenangi medali emas Olimpiade untuk pertama kalinya itu, ia berpasangan dengan Markis Kido.

"Masih (semangat) dong untuk memenangi Olimpiade. Apalagi saya belum pernah memenangi medali emas Olimpiade saat bersama Ahsan," kata Hendra saat ditemui seusai berlatih di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta.

Baca juga: Faktor usia, Ahsan/Hendra akan jalani program khusus

Untuk mengejar impian tersebut, Hendra mengatakan ia bersama pasangannya saat ini fokus pada mengamankan slot di Olimpiade.

"Yang penting sekarang lolos dulu dan pasti berangkat (ke Olimpiade)," katanya.

Hendra yakin seandainya dari semua turnamen yang mereka ikuti saat ini sampai April mendatang saat berakhirnya kualifikasi Olimpiade, mereka mampu minimal mencapai semifinal, tiket tersebut akan dapat mereka raih.

Federasi bulutangkis dunia BWF (Badminton World Federation) menggunakan pemeringkatan untuk menentukan para pebulutangkis yang berhak berkompetisi di Olimpiade.

Khusus kategori ganda, satu negara berhak mengirimkan maksimal dua wakil jika terdapat dua pasangan atlet mereka yang masuk peringkat delapan besar dunia.

Baca juga: Hendra/Ahsan kembali ke pelatnas

Dari daftar yang dirilis laman BWF terhitung pada 31 Desember 2019, pasangan Hendra/Ahsan menempati peringkat kedua dengan koleksi 99.500 poin. Untuk peringkat pertama masih diduduki pasangan Indonesia lainnya Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dengan 105.803 poin.

Hendra menambahkan bahwa turnamen terdekat yang akan menjadi ajang ia dan Ahsan untuk poin adalah Malaysia Masters. Ia menuturkan bahwa mereka akan berangkat untuk mengikuti ajang tersebut pada Minggu (5/1/2020).

Setelah itu mereka direncanakan akan tampil pada Indonesia Masters, kualifikasi Piala Thomas, All England, dan Badminton Asia Championship, sebelum pada April, berakhirnya kualifikasi Olimpiade.

Pada tahun lalu Hendra/Ahsan berhasil meraih tiga gelar besar yakni All England, Kejuaraan Dunia dan BWF World Tour Finals dan tujuh kali menjadi runner-up.

Baca juga: Hendra/Ahsan tak sangka catatkan gelar ketiga di World Tour Finals

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Minions Pertahankan Gelar Juara Indonesia Masters

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar