Ribuan orang ikuti prosesi pemakaman Yunahar Ilyas di Karangkajen

Ribuan orang ikuti prosesi pemakaman Yunahar Ilyas di Karangkajen

Ribuan orang mengikuti prosesi pemakaman jenazah Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas di Kompleks Pemakaman Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Jumat. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Ribuan orang mengikuti prosesi pemakaman jenazah Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas di Kompleks Pemakaman Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Jumat.

Dalam kompleks pemakaman itu juga terdapat makam pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan yang lokasinya tidak jauh dari pusara Yunahar.

Baca juga: Waketum MUI Yunahar meninggal

Sejumlah tokoh yang hadir dalam prosesi pemakaman itu, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin, serta Ketua Bidang Wakaf PP Muhammadiyah Goodwill Zubir.

Prosesi pemakaman berlangsung selama setengah jam dimulai dari pukul 13.23 WIB yang kemudian diakhiri dengan do'a yang dipimpin oleh Wakil Sekretaris Jenderal MUI KH. Zaitun Rasmin.

Din Syamsuddin yang ditemui seusai pemakaman mengatakan bahwa kepergian Yunahar merupakan kehilangan bagi seluruh umat Islam.

Baca juga: Obituari - Yunahar Ilyas sang ulama oase ilmu tinggalkan umat

"Tidak hanya keluarga besar Muhammadiyah, MUI, tetapi juga dunia Islam," kata Din.

Menurut Din, Yunahar adalah sosok ulama yang memiliki pengetahuan keagamaan luas, termasuk pengetahuan kehidupan tentang keumatan dan kebangsaan.

"Dan juga seorang ulama yang tawadhu'. Beliau hingga akhir hayatnya saya ketahui dari jarak dekat tetap istiqamah berada di jalan Allah," kata dia.

Baca juga: Haedar: ceramah Yunahar Ilyas mudah dicerna masyarakat awam

Sebelum meninggal, Yunahar Ilyas mengalami sakit komplikasi diabetes. Ia sempat dirawat di PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebelum akhirnya dirujuk ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Rencananya, Yunahar dijadwalkan menjalani operasi cangkok ginjal di RSUP Dr Sardjito. Operasi belum berjalan, Yunahar meninggal dunia pada 2 Januari 2020, pukul 23.47 WIB di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Jenazah Yunahar sempat disemayamkan di PP Muhammadiyah dan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman pada pada 10.30 WIB, sebelum akhirnya dimakamkan di kompleks pemakaman Karangkajen, Yogyakarta.

Baca juga: Mahfud MD sampaikan belasungkawa wafatnya Yunahar Ilyas
Baca juga: Yunahar Ilyas berdedikasi sangat tinggi terhadap dakwah Islam
Baca juga: Wakil Ketua Umum MUI Yunahar Ilyas dikenal sebagai sosok konsisten

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar