Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog mengirimkan pasokan bahan pangan berupa puluhan ton beras, gula, minyak masak ke wilayah-wilayah yang terkena banjir di kawasan Jabodetabek sejak Rabu (1/1).

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar semua pihak membantu dan Bulog sebagai salah satu bagian dari BUMN langsung bergerak membantu warga korban banjir di wilayah Jabodetabek sejak dua hari lalu," kata Direktur SDM dan Umum Bulog Bagya Mulyanto di Jakarta, Jumat.

Bagya menjelaskan pengiriman bantuan pangan berkoordinasi dengan aparat Kodam, kepolisian serta Pemda DKI guna membantu warga korban banjir.

Bantuan yang diberikan tersebut sesuai dengan koordinasi yang ada dan berfokus untuk mendirikan dapur umum dengan menyediakan sementara ini masing-masing 10 ton beras, 2 ton gula (dibagi per satu kg kantong plastik) dan 2 ton minyak sekiloan.

BUMN Pangan ini juga mengerahkan sejumlah perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga korban banjir agar bisa diselamatkan dari rendaman banjir.

Bulog juga mengirimkan tenaga bantuan dari Serikat Karyawan BULOG guna mempercepat bantuan bagi korban banjir dengan terjun langsung di wilayah-wilayah yang menjadi titik-titik lokasi banjir besar.

"Besaran bantuan BULOG juga akan disesuaikan dengan eskalasi bencana banjir dan waktunya juga menyesuaikan," kata Bagya.


 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020