Piala FA

Jadwal Piala FA: dari Derby Merseyside hingga lakon Arteta vs Bielsa

Jadwal Piala FA: dari Derby Merseyside hingga lakon Arteta vs Bielsa

Kolase manajer Liverpool Juergen Klopp (kiri) dan manajer Everton Carlo Ancelotti yang akan bertanding dalam Derby Merseyside untuk putaran ketiga Piala FA di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (5/1/2020) setempat. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Akhir pekan ini klub-klub Liga Inggris bakal mulai bersaing dalam putaran ketiga Piala FA, sebagian cukup beruntung bertemu lawan dari kasta lebih rendah, yang lainnya harus menghadapi sesama tim Liga Premier.

Derby Merseyside antara Liverpool kontra Everton bakal menjadi sajian utama dari rangkaian putaran ketiga Piala FA yang mulai bergulir sejak Sabtu (4/1) hingga Selasa (6/1) dini hari WIB.

Baca juga: Hasil undian Piala FA diwarnai Derby Merseyside

Tak sampai sebulan silam Liverpool berjaya melumat Everton 5-2 dalam Derby Merseyside edisi Liga Premier, yang berujung kepada pemecatan Marco Silva dari kursi manajer The Toffees.

Kini, Everton ditukangi oleh Carlo Ancelotti dan sejauh ini tiga pertandingan awalnya relatif berbuah positif, dua kemenangan dan sekali kalah. Kekalahan datang dari juara bertahan Liga Inggris Manchester City.

Jika reputasi tiga kali juara Liga Champions tak cukup menimbulkan optimisme bagi Everton atas kedatangan Ancelotti, ada satu catatan lain yang mentereng, yakni menjadi satu-satunya pelatih yang bisa mengalahkan Liverpool musim ini sekaligus memetik satu poin saat main imbang di Anfield bersama Napoli di penyisihan Grup E Liga Champions.

Aston Villa memang sukses melumat Liverpool 5-0 di babak perempat final Piala Liga Inggris pertengahan Desember lalu, tapi yang dihadapi tim besutan Dean Smith kala itu adalah tim U-23 Liverpool sebab tim seniornya sudah bertolak ke Qatar untuk kemudian menjuarai Piala Dunia Antarklub.

Baca juga: Ancelotti bawa catatan positif lawan Liverpool jelang Derby Merseyside

Dengan demikian, praktis Don Carletto menjadi satu-satunya pelatih yang punya rumus jitu untuk membendung pasukan arahan Juergen Klopp musim ini. Hal itu berpeluang mengantarkan kemenangan perdana Everton di Anfield sejak 1999.

Bulir-bulir optimisme mungkin mengalir di kubu Everton, tetapi Liverpool tentu tak ingin superioritas mereka musim ini ternodai (tanpa terpaksa seperti di Piala Liga) terlebih Klopp nantinya akan punya waktu istirahat sepekan selepas Derby Merseyside sebelum The Reds kembali mengejar pemungkas paceklik gelar juara Liga Premier.

Klopp menyesalkan absennya gelandang Naby Keita yang mengalami cedera dalam sesi pemanasan laga pembuka 2020, tetapi ada satu suntikan moral positif bagi Liverpool jelang Derby Merseyside bernama Takumi Minamino.

Legiun Jepang itu berpeluang untuk melakoni debut bersama Liverpool dalam Derby Merseyside besok dan bukan tidak mungkin ia bakal mengikuti jejak bek andalan kubu Merseyside Merah, Virgil van Dijk.

Baca juga: Klopp sesalkan Keita bakal absen dalam Derby Merseyside

Dua tahun silam, dalam ajang yang sama putaran ketiga Piala FA, Liverpool juga menghadapi Everton di Anfield dan Van Dijk melakukan debutnya sebagai bek termahal di dunia saat itu serta segera memberi kontribusi instan berupa gol penentu kemenangan 2-1 atas Everton.

Adegan suporter fanatik Liverpool bersorak di tribun Kop Stadion Anfield saat merayakan gol kemenangan yang dicetak Van Dijk boleh jadi bakal berulang pada Minggu (5/1) besok.

Selanjutnya: Juara bertahan Manchester City...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Empat anak Rusunawa berlatih di klub Manchester City

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar