Liga Spanyol

Jadwal Liga Spanyol: Derby Catalan jadi menu pembuka 2020

Jadwal Liga Spanyol: Derby Catalan jadi menu pembuka 2020

Para pemain Barcelona (ki-ka) Gerard Pique, Lionel Messi dan Luis Suarez berlatih menjelang Derby Catalan melawan Espanyol untuk laga pekan ke-19 Liga Spanyol di Stadion RCDE, Barcelona, Spanyol, Sabtu (4/1/2020) setempat. (ANTARA/Twitter@FCBarcelona)

Jakarta (ANTARA) - Derby Catalan antara Espanyol menjamu Barcelona di Stadion RCDE bakal menjadi menu pembuka 2020 ketika rangkaian jadwal Liga Spanyol pekan ke-19 mulai digelar pada Sabtu (4/1) dini hari WIB.

Bagi khalayak umum pertandingan antara Espanyol kontra Barcelona tidak lebih dari pertemuan antara pemuncak klasemen melawan juru kunci saat ini, tetapi ada gengsi tersendiri bagi kedua klub memasuki Derby Catalan edisi ke-171 di Liga Spanyol itu pada Minggu (5/1) dini hari WIB.

Baca juga: Lionel Messi masih jadi topik sepak bola paling menarik tahun 2019

Sudah satu dasawarsa berlalu setelah terakhir kali Espanyol memenangi Derby Catalan edisi Liga Spanyol, yang terjadi pada musim 2008/09 di Nou Camp. Tetapi jika mereka mau mencari motivasi, tak perlu menengok sejauh itu sebab pada 2017/18 Espanyol sempat memenangi leg pertama perempat final Piala Raja.

Sisanya, sudah tentu dikuasai oleh Barcelona dan dominasi itu bakal berusaha dilanjutkan oleh Lionel Messi dkk guna mengamankan posisi mereka di puncak klasemen saat ini.

Barcelona, mungkin akan memasuki Derby Catalan sebagai tim peringkat kedua, sebab Real Madrid bakal main lima jam lebih awal pada Sabtu (4/1) malam WIB bertandang ke markas Getafe.

Baca juga: Real Madrid ingin didik Ethan Mbappe, adik Kylian Mbappe

Barcelona saat ini mengumpulkan 39 poin di puncak dan hanya unggul dua poin dari Real Madrid di posisi kedua. Praktis tim besutan Zinedine Zidane berkesempatan untuk merebut posisi puncak sembari memberi tekanan lebih kepada Barcelona memasuki Derby Catalan.

Antara pertandingan Real Madrid dan Derby Catalan diselingi laga Atletico Madrid menjamu Levante di Wanda Metropolitano. Tim besutan Diego Simoene itu tentu ingin mengawali 2020 dengan cara terbaik agar tetap terjaga posisinya dalam persaingan empat besar, bahkan jika memungkin perburuan gelar juara.

Atletico saat ini berada di peringkat keempat dengan koleksi 32 poin, tertinggal dua poin dari Sevilla di posisi ketiga. Sevilla akan main lebih awal lagi pada Sabtu (4/1) dini hari WIB menjamu Athletic Bilbao di Ramon Sanchez Pizjuan.

Persaingan di zona degradasi juga cukup memanas. Leganes yang ada di urutan ke-19 dengan koleksi 13 poin berpeluang untuk melompat meninggalkan zona merah jika bisa mencuri tiga poin penuh dari lawatan ke markas Valladolid pada Sabtu (4/1) dini hari WIB.

Jika menang, Leganes bisa menyalip Celta Vigo (14) maupun Mallorca (15) yang baru main dua hari kemudian. Mallorca akan bertamu ke Granada pada Minggu (5/1) petang sebelum Celta menjamu Osasuna menutup rangkaian jadwal Liga Spanyol pekan ke-19 pada Senin (6/1) dini hari WIB.

Baca juga: Jelang libur musim dingin, Barcelona di puncak unggul dua poin

Berikut jadwal Liga Spanyol pekan ke-19 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (4/1) dini hari
01.00 Real Valladolid vs Leganes
03.00 Sevilla vs Athletic Bilbao

Sabtu (4/1) petang s.d. Minggu (5/1) dini hari
19.00 Valencia vs Eibar
22.00 Getafe vs Real Madrid
00.30 Atletico Madrid vs Levante
03.00 Espanyol vs Barcelona

Minggu (5/1) petang s.d. Senin (6/1) dini hari
18.00 Granada vs Mallorca
20.00 Real Sociedad vs Villarreal
22.00 Alaves vs Real Betis
03.00 Celta Vigo vs Osasuna

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar