Bogor (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendirikan posko dapur umum di Kampung Pulo Jakarta Timur untuk memberikan bantuan makanan, minuman, dan pelayanan kesehatan, kepada korban bencana banjir yang mengungsi di lokasi pengungsian di sekitar Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Menurut Koordinator posko dapur umum PKB, Anggia Ermarini, melalui pernyataan tertulisnya, Jumat, mengatakan, melalui posko dapur umum, PKB memberikan bantuan makanan, minuman, dan pelayanan kesehatan, untuk korban terdampak bencana, pada pagi dan siang.

PKB juga memberikan bantuan pelayanan kesehatan yakni pemeriksaan kesehatan kepada korban terdampak bencana, posko dapur umum, pada setiap pukul 15:00 WIB.

Anggota Komisi IX DPR RI ini menambahkan, melalui posko dapur umum, PKB juga mendistribusikan bantuan kebutuhan dasar seperti pampers, bubur bayi, dan makan padat kalori lainnya.

Baca juga: Mensos pastikan bantuan terdistribusi seluruhnya bagi korban banjir

Baca juga: Pemkab Pandeglang beri bantuan logistik korban banjir di Lebak

Baca juga: Bulog pasok bahan pangan untuk korban banjir Jabodetabek


Petugas di posko dapur umum PKB, kata dia, adalah para tenaga ahli dan staf ahli Fraksi PKB maupun anggota DPR RI dari Fraksi PKB yang mendikstribusikan makanan dan minuman pada pagi dan siang, serta memberikan pelayanan kesehatan.

Menurut Anggia, PKB memilih membuka Posko Dapur Umum di Kampung Pulo, karena merupakan lokasi terdampak banjir yang parah. "Para pengungsi korban banjir di Kampung Pulo membutuhkan bantuan," katanya.

Anggia menambahkan, anggota DPR RI dari Fraksi PKB setelah melihat langsung kondisi pengungsi di Kampung Pulo, kemudian memutuskan membangun Posko Dapur Umum, untuk turut memberikan bantuan, pangan, sandang, dan pelayanan kesehatan.

Menurut dia, musibah banjir adalah musibah yang bisa terjadi kepada siapa waja warga negara Indonesia. Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat lainnya, dapat membantu meringankan beban korban bencana banjir.

Sementara itu, Anggota Tim Sosial dan Penanggulangan Bencana PKB, Billy Ariez menyebut, Posko Dapur Umum di Kampung Pulo adalah wujud kepedulian PKB bagi korban banjir. “Kami tidak cuma menyediakan pangan dan pelayanan kesehatan, tapi juga mengerahkan relawan untuk membantu warga membersihkan di kawasan Kampung Pulo,” katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020