BMKG ingatkan angin kencang di Jatim saat akhir pekan

BMKG ingatkan angin kencang di Jatim saat akhir pekan

Prakiraan cuaca BMKG Juanda (HO/BMKG)

Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, mengeluarkan peringatan dini bahwa di sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi angin kencang disertai dengan hujan deras saat akhir pekan ini.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, Jumat, mengatakan pada akhir pekan ini terjadi potensi angin kencang disertai dengan hujan deras, terutama pada saat sore dan malam hari.

"Pada tiga hari ke depan sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi angin kencang sesaat kemudian disertai dengan hujan deras," ujarnya.

Ia mengatakan seperti pada hari ini perkiraan angin kencang itu terjadi Kabupaten Pasuruan, Malang, Probolinggo, Jember, Bondowoso dan juga Banyuwangi.

"Kemudian pada Sabtu (4/1) diperkirakan terjadi wilayah Mojokerto, Pulau Bawaan, Jombang, Magetan, Blitar, Kediri, Malang, Magetan, Bangkalan dan juga Sumenep," katanya.

Baca juga: Sebagian wilayah Jatim berpotensi angin kencang sore ini

Baca juga: BMKG ingatkan sejumlah wilayah Jatim berpotensi angin kencang

Baca juga: BMKG Juanda ingatkan wilayah Mojokerto diterpa angin kencang


Kemudian pada Minggu (5/1) di wilayah Jawa Timur lainnya yang berpotensi angin kencang di antaranya adalah Lamongan, Magetan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan juga Situbondo.

"Kami berharap kepada masyarakat supaya lebih waspada dan berhati-hati jika sudah memasuki musim hujan ini. Termasuk juga dengan segala kemungkinan tentang potensi bencana yang bisa ditimbulkan," ujarnya.

Ia menambahkan, BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini tentang kondisi penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya supaya pilot bisa menentukan apakah melanjutkan perjalanan atau tidak.

"Kami juga menyalurkan informasi seputar cuaca melalui berbagai kanal yang ada seperti grup whatsapp," katanya.*

Baca juga: BMKG ingatkan wilayah selatan Jatim berpotensi angin kencang

Baca juga: BMKG prediksi awal musim hujan di Jatim Oktober

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gubernur Khofifah sambut kedatangan puluhan warganya dari Wuhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar