jalur KA Rantauprapat - Kota Pinang itu merupakan PSN (Proyek Strategis Nasional)
Medan (ANTARA) - Progres pembangunan jalur kereta Api Rantauprapat - Kota Pinang, Sumut sepanjang 33 kilometer sudah hampir rampung atau 90 persen.

"Pembangunan jalur KA Rantauprapat - Kota Pinang itu merupakan PSN (Proyek Strategis Nasional) yang dikerjakan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Sumatera Bagian Utara , " ujar Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah III Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah I Sumut, Lurianto Lukito di Medan, Jumat.

Didampingi Manager Humas PT KAI (Persero ) Divre 1 Sumut, M Ilud Siregar, Lurianto mengatakan pembangunan jalur KA yang dimulai sejak tahun 2017 itu masih terus berjalan.

"Proyek itu ditargetkan selesai dalam tahun ini (2020)," ujarnya.

Baca juga: Pembangunan jalur kereta api Rantauprapat - Kota Pinang rampung 2020

Pekerjaaan meliputi pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi yang sesuai dengan aturan berlaku meliputi pengerjaan tubuh jalan berupa pekerjaan galian dan timbunan berjalan.lancar.

Termasuk pemasangan rel R.54 beserta bantalan beton dan aksesorisnya, pemasangan wesel baru R.54 bantalan beton di 4 emplasemen stasiun baru.

Kemudian pembangunan jembatan dengan konstruksi I-girder, box culver, over pass dan under pass, persinyalan elektrik serta pembangunan Stasiun Rantauprapat yang baru, N1, Aek Nabara dan Pondok S5 berjalan lancar dan diharapkan tidak ada masalah hingga akhir proyek.

Baca juga: Jalur KA Bandartinggi-Kuala Tanjung Sumut ditargetkan beroperasi Maret

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut,M Ilud menegaskan KAI siap memanfaatkan jalur itu kalau sudah selesai dikerjakan Baltek Perkeretaapian Sumbagut.

"Pemerintah memang terus berupaya meningkatkan fasilitas transportasi kereta api agar bisa dimanfaatkan masyarakat dengan nyaman dan aman," ujar Ilud.

Baca juga: Pemerintah berencana hubungkan jalur kereta Aceh hingga Lampung
Baca juga: Jokowi janji akan lanjutkan pembangunan jalur KA Labuhanbatu-Dumai

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020