ACT ajak warga Sulsel peduli banjir Jabodetabek

ACT ajak warga Sulsel peduli banjir Jabodetabek

Tim Disaster Emergency Rescue (DER) ACT mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. ANTARA/ Dokumen ACT

Saat ini tim masih fokus dalam evakuasi, pemberian bantuan medis kepada warga dan juga layanan makanan gratis dalam program BESAR (Bersama Atasi Kelaparan). Kendati mulai surut, menurut Albar, banjir dapat dikatakan masih cukup tinggi sehingga tim ak
Makassar (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan mengajak warga Sulawesi Selatan untuk ikut berempati dan peduli terhadap korban bencana banjir yang menimpa kawasan Jabodetabek.

Tim Disaster Emergency Rescue (DER) ACT yang bertugas di lokasi, Muhammad Albar melalui keterangan resminya di Makassar, Jumat menyampaikan bahwa tim ACT telah mengevakuasi sekitar 100 jiwa di Jatiasih, Bekasi, salah satu daerah yang cukup parah terdampak banjir.

Baca juga: Ratusan natura disiapkan ACT bantu kebutuhan pangan korban banjir
ACT mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi sejak Rabu hingga Kamis 1-2 Januari.

“Kami perkirakan semenjak kemarin totalnya sudah sekitar 100 warga yang kita evakuasi. Kalau untuk hari Kamis saja sekitar 30 orang yang kita evakuasi semenjak pagi,” jelasnya.

Selain evakuasi warga, tim DER ACT juga menyediakan layanan kesehatan gratis yang dilakukan oleh Tim Medis ACT. Ambulans Pre-Hospital juga telah disiapkan untuk mendukung aktivitas pelayanan kesehatan tersebut.

Baca juga: Korban meninggal banjir Jabodetabek dan sekitarnya tercatat 46 orang
“Sekarang para korban telah dibawa ke Gudang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di depan perumahan yang difungsikan menjadi pengungsian sementara. Tiga personel Tim Medis ACT telah bersiaga memeriksa warga terdampak, terutama lansia dan anak-anak,” kata Albar.

Saat ini tim masih fokus dalam evakuasi, pemberian bantuan medis kepada warga dan juga layanan makanan gratis dalam program BESAR (Bersama Atasi Kelaparan). Kendati mulai surut, menurut Albar, banjir dapat dikatakan masih cukup tinggi sehingga tim akan terus berusaha mengevakuasi warga.

“Perkiraan saat ini setinggi perut orang dewasa. Sehingga, hari ini fokus kita masih evakuasi warga yang masih ada di dalam rumah, juga pemberian bantuan medis kepada warga-warga yang membutuhkan,” tutur Albar.

Baca juga: Rumah Zakat siagakan 30 relawan bantu korban banjir Jabodetabek
Baca juga: KPAI minta ada Pojok ASI di tempat pengungsian


ACT juga membuka posko kemanusiaan di sekitar lokasi yang dilanda banjir. Berikut lokasi dan kontak Posko Kemanusiaan ACT;

POSKO NASIONAL

Kantor Pendukung – Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Alamat : Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9, Jl. Ir. H. Juanda no. 50, Ciputat, 15419, Indonesia Ph. +62 21 741 4482

POSKO DAERAH JABODETABEK

1. Jakarta Pusat
Koordinator : Choy (+62 857-7356-7880)
Alamat: Jl. Petamburan 3 Tanah Abang Jakarta Pusat

2. Jakarta Selatan
Koordinator : Lukman (+62 817-6980-873)
Alamat: Jl. Wijaya 1 Kel. Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

3. Jakarta Barat
Koordinator : Pak Marsim (+62 819-2712-2228)
Alamat: Jl. Duri Mas, RT. 004 RW 01, Duri Kepa Jakarta Barat

4. Jakarta Timur
Koordinator : Tommi (+62 812-9795-8471)
Alamat : RPTRA (Permata Intan Playground)
No.8, Kel. Bidara Cina, Jl. Berlian, RT.8/RW.11, Kp. Melayu, Kecamatan Jatinegara,
Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330

5. Bekasi
Koordinator : Dwi Astuti (+62 815-9751-316)
Alamat : Sabana Foundation Yayasan Sarana Bina Nusantara
Jl. Antara No.49, RT.001/RW.011, Jatimakmur,
Kec. Pondokgede, Kota Bekasi

6. Kabupaten Tangerang
Koordinator : Suryanto (+62 878-0844-0989)
Alamat : Perum Griya Curug Blok A No 3 Rancagong Legok Tangerang

Dapur umum Cengkareng sediakan 3000 porsi makanan untuk korban banjir

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar