Normalisasi kanal Makassar oleh BBWSPJ Pomprengan diapresiasi wagub

Normalisasi kanal Makassar oleh BBWSPJ Pomprengan diapresiasi wagub

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat rapat koordinasi bersama BPBD menghadapi musim penghujan. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel)

Tim Balai BBWSPJ Pomnprengan telah menurunkan alat berat untuk menormalisasi kanal Makassar.
Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi atas kinerja dan komitmen Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Ir Supardji bersama jajarannya dalam menormalisasi kanal Makassar.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sekaligus mengapreasiasi atas koordinasi yang baik oleh tim PSDA Provinsi, Pemkot Makassar, dan seluruh instansi terkait.
 
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman rapat koordinasi bersama BPBD menghadapi musim penghujan.ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel


"Intinya ini sebagai bagian peningkatan kewaspadaan dampak perubahan cuaca. Setelah kami rapat koordinasi bersama tim BPBD tentang kesiapsiagaan dan pengkoordinasian instansi vertikal dalam hal ini Balai BBWS Pompengan Jeneberang untuk normalisasi kanal Makassar. Ini standar normal dalam sistem yang kita terapkan," katanya dalam keterangan di Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan, tim Balai BBWSPJ Pomnprengan telah menurunkan alat berat untuk menormalisasi kanal Makassar.

Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya yang sangat strategis untuk meminimalisasi dampak kenaikan air kanal, di mana daya tampung serta laju aliran air ke muara saat curah hujan yang tinggi.

Selain itu, katanya, juga disiagakan personel BPBD  yang juga berkoordinasi dengan BBWSPJ atas progres normalisasi kanal Makassar, sebagai bagian dari kesiagaan untuk mengantisipasi musim pancaroba yang bisa berdampak banjir dan lainnya.

Ia juga berharap, ke depannya BPBD bersama instansi dan swasta menjadi pelopor dalam kebencanaan. Termasuk sosialisasi simulasi potensi hazards di Sulsel, khususnya Kota Makassar dan sekitarnya. termasuk mitigasinya.

Baca juga: Wagub minta Balai Pompengan lakukan pengerukan untuk antisipasi banjir

Baca juga: Dua bocah tenggelam di kanal Makassar

Baca juga: Festival kanal ramaikan HUT ke-407 Kota Makassar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Normalisasi terkendala kepemilikan lahan di tengah sungai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar