Sepekan, Meriahnya malam tahun baru hingga banjir pertama 2020

Sepekan, Meriahnya malam tahun baru hingga banjir pertama 2020

Guru dan murid membersihkan meja dan kursi pascabanjir yang merendam SMA Negeri 8 Jakarta di Bukit Duri, Tebet, Jakarta, Sabtu (4/1/2020). Data Kemendikbud menyebutkan per 3 Januari 2020 terdapat 290 sekolah terdampak banjir di wilayah DKI Jakarta yang terdiri dari 201 sekolah terendam banjir dan 89 sekolah mengalami gangguan pada akses menuju sekolah. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita mengenai perkotaan di Jakarta selama sepekan dari akhir Desember 2019 hingga awal Januari 2020 menjadi perhatian publik.

Mulai dari demonstrasi pegawai magang PT Transjakarta, izin acara Djakarta Warehouse Project (DWP), meriahnya malam tahun baru hingga banjir di hari pertama Tahun Baru 2020.

Berikut adalah rangkuman berita sepekan yang telah diberitakan Kantor Berita Antara yang masih layak dibaca mengisi akhir pekan pembaca.

1. Ratusan pekerja magang TransJakarta demo minta dikontrak

Sekitar 700 pegawai magang PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menggelar aksi unjuk rasa meminta diangkat menjadi karyawan kontrak, Senin sore.

Aksi yang digelar di salah satu ruangan Pool Bus TransJakarta, Kampung Melayu, Jakarta Timur, itu diwarnai protes para pekerja magang sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kami waktu seleksi dulu pas lulus dijanjikan magang tiga bulan dan setelah itu diangkat jadi karyawan kontrak," ujar salah satu pekerja magang, Cahyo di lokasi aksi pekerja.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. DWP tidak lagi diberi izin

Penyelenggara Djakarta Warehouse Project (DWP) telah diminta klarifikasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengevaluasi acara musik yang dilaksanakan pada 13-15 Desember 2019.

Pelaksana (Plt) Kadisparbud sekaligus Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Selasa, menyatakan bahwa evaluasi yang dilakukan pemprov bersama pihak penyelenggara ini akan menjadi bahan pertimbangan guna penyelenggaraan DWP pada tahun berikutnya.

“Berdasar temuan pada penyelenggaraan DWP 2019 tersebut, bila penyelenggara nantinya mengajukan izin penyelenggaraan DWP untuk tahun depan, maka tidak akan kami berikan,” kata Sri dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

3. Meski diguyur hujan, panggung hiburan di Bundaran HI tetap meriah

Panggung hiburan menyambut Tahun Baru 2020 di Bundaran Hotel Indonesia (HI) tetap berlangsung meriah meski di kawasan itu diguyur hujan, Selasa malam.

Para artis tetap menghibur ribuan warga yang berdatangan di titik strategis di Jakarta itu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. "Final Countdown" tandai pergantian tahun di Monas

Lagu "Final Countdown" karya Europe yang didendangkan penyanyi di panggung pentas Monumen Nasional, Jakarta, Rabu dini hari, menandai pergantian tahun 2019 ke 2020.

Sebelum lagu dinyanyikan, penyanyi mengajak penonton untuk menghitung mundur pergantian tahun dari detik 20 hingga nol. Setelah itu, kembang api dinyalakan dan lagu legendaris karya band asal Swedia itu didendangkan.

Meski area Monas diguyur hujan nampak tidak menyurutkan sejumlah pengunjung yang merayakan malam tahun baru di area terbuka.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

5. Jakarta dikepung banjir, ribuan orang terpaksa mengungsi

Curah hujan sangat tinggi sejak malam pergantian tahun, Sabtu, (31/12), membuat wilayah Jakarta dan sekitarnya terkena bencana banjir.

Curah hujan tinggi menjadi penyebab utama banjir terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

Hujan lebat itu disebut suatu rekor curah hujan tinggi dalam beberapa jam terakhir.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

6. Sejumlah perjalanan kereta api terganggu akibat banjir Jakarta

Sejumlah perjalanan kereta api di area PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 1 Jakarta mengalami gangguan akibat terdampak banjir yang melanda beberapa lokasi di ibu kota.

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api di sejumlah lintas yang terdampak cuaca buruk dan menyebabkan sejumlah prasarana jalur rel terimbas banjir," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

7. PLN Disjaya padamkan sementara daerah terdampak banjir

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta (Disjaya) melaksanakan pemadaman sementara di daerah-daerah terdampak banjir demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik.

"Kami turut prihatin atas musibah ini, kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik," ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Ikhsan Asaad di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

8. Landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma kebanjiran

Landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta tergenang banjir setinggi 20-30 centimeter usai hujan deras mengguyur sejak pergantian malam Tahun Baru.

"Masih belum surut, sekarang lagi usaha dikuras juga," ujar salah saeorang petugas posko banjir Bandara Halim Perdanakusuma Tri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

9. 3.100 ton sampah diangkut dari Ciliwung selama banjir

Sebanyak 3.188 ton sampah diangkut dari aliran sungai Ciliwung selama bencana banjir menerjang Jakarta pada 1-3 Januari 2020 ini.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan, Jumat, mengatakan jumlah tersebut adalah dari hasil pembersihan sampah aliran Ciliwung di dua tempat yakni Pintu Air Manggarai dan Jembatan Kampung Melayu, belum termasuk dari daerah lainnya.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Persoalkan lembur, SP TransJakarta datangi DPRD DKI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar