BUMN telah mendirikan posko bantuan kemanusiaan di Kampung Somang
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN menugaskan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Jamkrindo, PT Krakatau Steel, dan PT  Perkebunan Nusantara VIII bersinergi memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan BUMN telah mendirikan posko bantuan kemanusiaan di Kampung Somang, Lebak, Banten, yang akan menjadi pusat pendistribusian bantuan di masa tanggap darurat banjir.

Baca juga: Erick Thohir bentuk Tim Lintas BUMN bantu korban banjir Jabodetabek

Bantuan yang diberikan terdiri atas tenda, sembako, dan makanan cepat saji, hingga alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan rumah yang terkena dampak banjir seperti alat penyedot pembersih rumah, genset, dan alat pemotong kayu untuk membersihkan puing kayu.

Selain itu, BUMN juga memberikan tiga unit perahu untuk membantu upaya evakuasi korban di berbagai lokasi yang didera banjir bandang yang cukup parah, serta untuk mengantarkan bantuan logistik dan medis ke lokasi-lokasi yang terendam dan sulit diakses.

"Warga yang membutuhkan pasokan makanan jadi dapat mendatangi dapur umum yang juga telah dibuka di lokasi yang sama," ujar Arya.

Di bawah koordinasi BNPB, tim penanganan banjir BUMN akan memberikan bantuan logistik di setiap wilayah seperti makanan, obat-obatan, pakaian dan lainnya.

Begitu pula dengan dukungan kesediaan jaringan telekomunikasi dan lain-lain yang mulai bekerja Sabtu ini.

Selain Kampung Somang, bantuan BUMN juga menyentuh Kampung Gunung Julang, Kampung Cigobang, dan Kampung Ranca Bebek di Lebak.

"Kami sudah menempatkan titik-titik posko yang sudah ditetapkan BNPB," kata Arya.

Baca juga: BNPB: BUMN berperan tangani banjir Jabodetabek

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020