Halte bus Transjakarta masih ada yang belum berfungsi selain karena belum mendapat pasokan listrik juga masih digunakan sebagai tempat pengungsian
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan masih terdapat lima halte lagi yang belum bisa memberikan pelayanan meskipun banjir sejak malam tahun baru sudah surut.

"Empat halte di korido 3 yang belum melayani yaitu Halte Jembatan Baru, Taman Kota, Dispenda dan Halte Jembatan Gantung, dan satu halte di koridor 8, Halte Green Garden," kata Agung Wicaksono di Jakarta, Sabtu.

Halte Green Garden belum bisa melayani publik karena masih terkena imbas pemadaman listrik, sementara empat halte yang berada di koridor 3 awalnya menjadi tempat pengungsian ketika banjir merendam pemukiman warga.

"Saat ini tinggal tinggal satu halte di Jembatan Baru yang jadi pengungsian. Kalau mau dibilang, sudah banyak kemajuan, tadinya empat halte sekarang tinggal satu halte," kata dia.

Untuk tiga halte selain Jembatan Baru yang berada di koridor 3, menurut dia masih belum bisa beroperasi meski sudah tidak menjadi tempat pengungsian lagi karena separasi jalur Transjakarta masih dalam tahap pembenahan.

Seluruh koridor Transjakarta sudah beroperasi pasca banjir, khusus untuk koridor 3, belum bisa menggunakan jalur khusus karena masih tahap perbaikan separasi, saat ini bus melewati jalur kendaraan biasa di sepanjang Jalan Daan Mogot.

PT Transjakarta pada Minggu (5/1) akan merampungkan perbaikan separasi jalur,  diperkirakan Senin  sudah bisa digunakan kembali, kemudian tiga halte yang belum beroperasi juga akan beroperasi setelah jalur bisa digunakan.

"Kalau jalur harusnya bisa dipakai Senin, tapi untuk halte (yang masih digunakan pengungsi) apakah bisa untuk pelayanan itu nanti tergantung kondisi, bagaimana kondisi kediaman warga, sehingga warga bisa kembali dengan baik," katanya.

Baca juga: Transjakarta: Bisa manfaatkan halte sampai rumah bisa dihuni lagi

Baca juga: Transjakarta uji coba layani rute Koridor 3 usai lumpuh akibat banjir

Baca juga: 140 orang korban banjir masih mengungsi di halte Transjakarta


Menurut Agung, warga masih diizinkan mengungsi di Halte Transjakarta Jembatan Baru, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, sampai rumah mereka benar-benar bersih dari banjir dan bisa ditempati kembali.

"Kalau kami melihatnya dari Transjakarta tentu kita ingin layanan transportasi publik segera berjalan di halte ini, tapi kita juga memahami dari aspek kemanusiaan, ini ada warga yang masih harus memanfaatkannya," ujar Agung.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020