Medan (ANTARA) - Menteri Agama Fachrul Razi berharap kepada segenap civitas akdemika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dan para almamaternya untuk memberikan kontribusi terbaik dalam pembangunan bangsa yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

"Hal itu dikatakannya sesuai dengan tema acara ini, yakni 'UINSU Kampus Terdepan dalam Pembangunan Islam, Deradikalisme dan Modernisasi Beragama," ujar Fachrul, dalam pengarahannya pada acara silaturahim bersama Aparat Sipil Negara (ASN) UINSU dan Ormas Islam Sumatera Utara, di Medan, Sabtu.

Ia menyebutkan, ajaran semua agama membawa pesan kebaikan dan perdamaian, termasuk ajaran Islam yang mengutamakan perdamaian dengan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan beragama.

Baca juga: Menag bersyukur perayaan Natal aman

"Karena menggali lebih jauh ajaran Islam dipastikan tidak bertentangan dengan Pancasila sebagai landasan bangsa Indonesia bernegara. Dan pluraslisme adalah bagian sunnatullah," ujarnya.

Fachrul juga berpesan agar memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antarsektor dan antarpemangku kepentingan,baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan modernisasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Hadir pada acara tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Rektor UINSU Prof Dr Saidulrrahman , MAg, Ketua MUI Medan Prof Dr Muhammad Hatta, mewakili Ketua FKUB Sumut, para Ketua ormas Islam (NU Sumut, Mathla'ul Anwar Sumut, Muhammadiyah Sumut dan Alwasliyah Sumut).

Baca juga: Menag: Arti Natal ajarkan cinta kasih sesama
Baca juga: Kuota haji RI tetap, tapi jamaah tambah 10.000, sebut Menag

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020