Kita akan terus melakukan sosialisasi mana yang bisa dan tidak bisa dilakukan saat berada di tol
Manado (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung  George Manurung mengatakan sebanyak 62.402 kendaraan melintasi Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, saat dibuka fungsional sejak 20 Desember 2019 hingga 3 Januari 2020.

Menurut dia, di Manado, Sabtu, saat tol dibuka fungsional menjelang Natal dan Tahun Baru, jumlah kendaraan melintas dari arah Manado menuju Bitung rata-rata sebanyak 3.523 unit.

Baca juga: Tol Manado-Bitung fungsional hingga 3 Januari

Lonjakan kendaraan terjadi satu hari sebelum (4.574 unit) dan satu hari sesudah Natal (4.642 unit), sedangkan pada hari Natal sebanyak 3.788 kendaraan yang melintas.

Selanjutnya, dua hari sebelum Tahun Baru jumlah kendaraan melintas sebanyak 4.534 unit, sedangkan sehari setelahnya sebanyak 4.190 unit.

Saat penutupan 3 Januari 2020, jumlah kendaraan melintas sebanyak 3.888 unit atau selisih sebanyak 365 unit bila dibandingkan saat dibuka fungsional 20 Desember 2019.

"Seperti harapan saat dibuka fungsional, Tol Manado-Bitung ini dapat membantu masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya," ujarnya.

Meskipun belum secara keseluruhan Tol Manado-Bitung difungsionalkan, Manurung  meyakini sudah membantu masyarakat terhindar dari kemacetan bila dibandingkan ketika menggunakan jalan nasional.

"Terima kasih kepada pengguna yang telah memanfaatkan tol ini sejak dibuka hingga ditutup fungsional. Kita akan terus melakukan sosialisasi mana yang bisa dan tidak bisa dilakukan saat berada di tol hingga penggunaan kartu transaksi elektronik," ujarnya.

Baca juga: Pembebasan lahan ganjal pekerjaan Tol Manado-Bitung
Baca juga: Tol Manado-Bitung mudahkan wisatawan ke KEK Likupang

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020