Penyesuaian harga BBM umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (4/1) mulai dari PT Pertamina yang menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga Presiden Jokowi akan meresmikan jalur layang Kereta Api Bandara Kualanamu di Sumatera Utara.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Harga BBM turun

PT Pertamina (Persero) menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite, mulai Minggu, 5 Januari 2020, pukul 00.00 waktu setempat di seluruh Indonesia.

“Penyesuaian harga BBM umum merupakan aksi korporasi yang mengacu pada ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Baca juga: Banjir, Pertamina pastikan distribusi BBM dan elpiji aman

Berita selengkapnya di sini

2. Harga emas melonjak

Harga Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melonjak lebih dari 1 persen pada penutupan perdagangan hari Jumat (3/1), di tengah ketegangan tinggi di Timur Tengah setelah pembunuhan seorang komandan tinggi Iran.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari naik 24,30 dolar AS, atau 1,59 persen menjadi menetap di 1,552.40 dolar per ounce.

Berita selengkapnya di sini


3. Kemenperin bantu IKM korban banjir

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) siap membantu industri kecil menengah (IKM) korban banjir yang melanda Jabodetabek sejak 1 Januari 2020.

“Kami ada anggaran untuk pemulihan daerah bencana. Nanti, setelah kami lihat laporan dari mereka butuh apa saja, kami tindak lanjuti,” kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih.

Berita selengkapnya di sini


4. Aktifkan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perlu lebih mengaktifkan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna untuk menegakkan kedaulatan di kawasan perairan nasional dan mengantisipasi terjadinya kapal asing mengklaim Natuna.

"KKP perlu lebih mengaktifkan SKPT Natuna dengan memperbanyak kegiatan penangkapan ikan," kata Ketua Harian Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Moh Abdi Suhufan.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: Pemuda Natuna dukung pemerintah tindak tegas kapal China

5. Peresmian jalur layang KA Bandara Kualanamu

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan jalur layang Kereta Api Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, sepanjang 10,8 kilometer pada Januari atau Februari 2020.

"Kemenhub sudah melaporkan jalur layang KA Bandara Kualanamu yang sudah dioperasikan mulai Desember ke Presiden Jokowi. Diharapkan Presiden meresmikannya pada Januari atau Februari,” katanya.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: Menhub minta pemanfaatan jalur layang KA Sumut dioptimalkan

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020