Serang (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah menyatakan akan segera menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana banjir ke wilayah Cipanas Kabupaten Lebak Banten.

"Ya hari ini sedang diurus oleh kepala Markas PMI Banten untuk pendistribusiannya, nanti akan dipantau langsung oleh Ketua Umum PMI Bapak Jusuf Kalla," Kata Tatu melalui pesan tertulisnya yang diterima Antara di Serang, Ahad.

Tatu menjelaskan, sejak beberapa waktu lalu jajaran Pengurus PMI dan seluruh relawannya sudah bergerak di beberapa titik lokasi bencana banjir di wilayah Banten.

Baca juga: Kementerian BUMN tugaskan BNI bersinergi bantu korban banjir di Lebak
Baca juga: Anak-anak korban bencana di Lebak harus tetap belajar, kata Menko PMK


Menurutnya, PMI Banten akan terus memaksimalkan kerjanya dan terus melaporkan semua kegiatan kepada PMI Pusat tentang berbagai kondisi di wilayah terdampak.

"Kami berharap koordinasi dan komunikasi dengan BPBD kabupaten/kota dan juga Provinsi bisa terus berjalan dengan baik, karena penanganan bencana alam ini harus ada kerja bersama antara pemerintah daerah, TNI/ Polri dan seluruh organisasi kemanusiaan," kata Tatu.

Sebelumnya, Ketua PMI Banten Ratu Tatu Chasanah juga telah memantau lokasi banjir yang terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bojonegara, Kopo, dan Cikande. Banjir tersebut terjadi akibat luapan sungai, salah satunya adalah Sungai Cidurian yang berada di Kecamatan Cikande.

Selain itu PMI juga telah bergerak menyalurkan bantuan ribuan liter air bersih untuk korban dan warga yang terdampak bencana banjir di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang, Banten.

Baca juga: Tim gabungan PMI dan BPBD buka akses jalan di Lebak
Baca juga: Menko PMK minta korban banjir di Lebak dapat pelayanan dasar
Baca juga: 677 KK korban banjir di Lebak masih bertahan di pengungsian


 

Pewarta: Lukman Hakim/Sambas
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020