Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi menyebutkan sistem drainase di wilayah itu membutuhkan perbaikan sebagai salah satu strategi penanganan banjir selama musim hujan.

Wali Kota Jakarta Barat pada Ahad memimpin kerja bakti di RW 02 dan RW 08 Kedoya Utara, Kebon Jeruk, kawasan yang terdampak banjir terparah di Jakarta Barat.

"Harus kita sadari masih banyak drainase yang harus kita perbaiki kedepan," kata Rustam.

Begitu juga Kali Angke dan Kali Mookevart yang seharusnya diturap dengan "sheetpile" ternyata ada 200 meter yang belum sempat dilakukan.

Normalisasi pada sodetan kali-kali tersebut setidaknya akan mengurangi dampak banjir dan kerusakan infrastruktur pada enam kecamatan di Jakarta Barat.

Selain itu, jebolnya sejumlah tanggul di sekitar aliran kali tersebut juga akan menjadi perhatian Pemerintah Kota Jakarta Barat.

Baca juga: Wakil Wali Kota Jakarta Timur pimpin kerja bakti di Kampung Pulo
Baca juga: Empat hari usai banjir, pedagang di Pasar Jatinegara kembali berjualan


Selanjutnya, Rustam mengatakan akan melakukan perbaikan pada generator rumah-rumah pompa yang tak berfungsi akibat tergenang banjir. Kerusakan itu diketahui saat dia meninjau Rumah Pompa Kedoya Utara.

"Titik pompa di lokasi ini, generatornya pada posisi yang tidak baik, tidak pada posisi aman genangan. Tadi saya cek di sana, generatornya memang rusak akibat genangan kemsrin dan sedang kita perbaiki," kata dia.

Normalisasi kali dan perbaikan rumah pompa akan dilakukan setelah pihaknya membereskan penanganan keselamatan dan kesehatan para pengungsi pascabanjir.

"Kita catat itu, bahwa sistem tata air kita kurang sempurna. Itu (perbaikan) setelah kita tangani pengungsi," ujar dia.

Kerja bakti pascabanjir di Jakarta Barat dilakukan serentak di enam kecamatan terdampak banjir, yakni Kebon Jeruk, Grogol Petamburan, Kalideres, Palmerah, Kembangan dan Cengkareng.

Di Kecamatan Kebon Jeruk dilakukan di Jalan Panjang RW 2,3,4,7,8 dan Kedoya Utara. Sedangjan untuk Kecamatan Grogol Petamburan di RW 5 Wijaya Kusuma, RW 6,9 Jelambar Baru serta di Kecamatan Kalideres dipusatkan di RW 1 Semanan.

Kemudian untuk Kecamatan Kembangan, lokasi kerja bakti di RW 4,10 Kembangan Utara, RW 7,6 Taman Kota. Untuk Kecamatan Cengkareng di RW 1,2,3 Rawa Buaya dan Palmerah di RW 2,3,5 Kemanggisan.
Baca juga: Berkacalah Jakarta..
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020