Jakarta (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar konvensi calon presiden (Capres) pada akhir Desember mendatang, untuk menjaring calon-calon yang hendak diusungnya pada Pilpres 2009.

"Kalau tidak akhir Desember tahun ini, ya Januari 2009," kata Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid saat bersama sejumlah ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB di Jakarta, Rabu.

Menurut Jazilul, keputusan untuk menggelar konvensi merupakan hasil Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB Selasa (11/11), berdasar aspirasi dari 33 DPW PKB.

"Konvensi ini semacam Pemilu pendahuluan yang digelar di jajaran PKB. Tentang bagaimana teknisnya masih akan dirumuskan," katanya.

Mengenai teknis pemunculan nama-nama calon, akan dirumuskan apakah disodorkan oleh DPP atau membuka kesempatan bagi yang berminat untuk mendaftar.

Ketua DPW PKB Sulawesi Tengah Syamsuddin Pay menambahkan, untuk Capres, PKB membuka peluang bagi calon dari internal maupun dari luar partai.

"Tapi untuk saat ini teman-teman DPW baru mengantongi nama dari internal partai, salah satunya ketua umum, Muhaimin Iskandar," katanya.

Sedangkan Wakil Ketua Dewan Syura Lily Chadijah Wahid mengakui bahwa di kalangan PKB saat ini sedang ada kecenderungan untuk mengusung calon dari kalangan muda.

Namun demikian, PKB tetap akan melihat terlebih dulu hasil Pemilu Legislatif. Jika bisa meraih minimal 20 persen suara PKB akan mengusung calon sendiri, namun bila perolehannya tidak mencukupi maka akan berkoalisi dengan partai lain.
(*)

Pewarta:
Editor: Guntur Mulyo W
Copyright © ANTARA 2008