Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah kabar beredar di media jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter tentang bencana banjir yang juga mengepung Kota Surabaya pada awal tahun.

Postingan-postingan tersebut menyertakan tautan berita salah satu media nasional dalam jaringan (daring) dengan judul "Surabaya Dikepung Banjir, Puluhan Kendaraan Tenggelam"

Di Twitter, unggahan itu pun ramai menjadi bahan percakapan sejak Jumat (3/1). Warganet, dalam percakapan itu, menyinggung alasan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak disalahkan atas bencana yang menimpa Ibukota Jawa Timur itu.

Berikut narasi pemilik akun Twitter dalam  unggahannya: "Surabaya banjir juga, tapi nggak ada yang nyalahin bu Risma? Apa kerana beliau tidak pernah masuk got dan tidak pernah "janji kalau beliau presiden" bisa ngatasi banjir selain mindahin ibukota?".

Lalu benarkah Surabaya juga dilanda banjir pada awal Januari 2020 sebagaimana terjadi di sejumlah wilayah di Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta?

Penjelasan:

Tautan berita yang diunggah pemilik akun Twitter tersebut merupakan informasi yang benar. Tapi, peristiwa itu bukan aktual terjadi pada awal Januari 2020 melainkan pada Februari 2019.

Di dalam berita media daring itu, Surabaya memang terkepung banjir pada 1 Februari 2019 setelah turun hujan sejak 31 Januari 2019. Hujan itu menyebabkan Surabaya terendam air banjir 50 cm hingga 150 cm.

Namun hingga Minggu (5/1/2020), tidak terdapat informasi banjir di Surabaya. Walikota Surabaya Tri Rismaharini sejak awal Januari 2020 sudah meminta jajarannya agar siaga sehingga Surabaya terhindar dari banjir. Risma juga telah meninjau pompa dan saluran air.

Dia pun menginstruksikan agar pinggiran sungai dikeruk dan dibentuk seperti terasering sehingga sungai dapat menampung lebih banyak air.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan Jawa Timur akan dilanda cuaca ekstrem pada pekan kedua Januari 2020.

Potensi cuaca ekstrem itu berupa hujan dengan intensitas tinggi atau lebat yang disertai angin kencang, kilat, atau petir. Kondisi itu diperkirakan terjadi pada 4-10 Januari 2020.

Klaim : Surabaya juga terkepung banjir, benarkah?
Rating : Disinformasi
 
Tangkapan layar berita Okezone dengan judul Surabaya Dikepung Banjir, Puluhan Kendaraan Tenggelam" (Okezone)


Baca juga: Empat kereta api jurusan Surabaya terlambat akibat banjir Jakarta

Baca juga: Riset I2, Risma wali kota terbanyak hiasi media

Pewarta: Tim Jacx
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020