Liga Italia

Genoa petik kemenangan dalam debut kepelatihan Davide Nicola

Genoa petik kemenangan dalam debut kepelatihan Davide Nicola

Penyerang gaek Genoa Goran Pandev (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol penentu kemenangan atas Sassuolo dalam laga lanjutan Liga Italia di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (5/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/Instagram@genoacfcofficial)

Jakarta (ANTARA) - Genoa memetik kemenangan 2-1 atas Sassuolo dalam debut kepelatihan Davide Nicola untuk laga pekan ke-18 Liga Italia di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Minggu setempat (Senin dini hari WIB).

Goran Pandev jadi penentu kemenangan tersebut setelah pembuka keunggulan Genoa lewat eksekusi penalti Domenicao Criscito hanya berusia sejenak sebelum disamakan oleh Pedro Obiang.

Baca juga: Genoa tunjuk Davide Nicola untuk jadi pelatih anyar

Tambahan tiga poin membawa Genoa untuk sementara naik ke peringkat ke-18 dengan koleksi 14 poin, sedangkan Sassuolo (19) masih gagal mendekati peringkat sepuluh besar dan harus tertahan di peringkat ke-13, demikian dilansir laman resmi Liga Italia.

Berstatus tim tamu, Sassuolo tampil lebih agresif dan menggempur sejak awal. Dua peluang didapat mereka melalui sundulan Hamed Junior Traore dan tembakan Jeremy Toljan, namun keduanya belum benar-benar mengancam gawang Genoa.

Lebih banyak diserang, justru Genoa yang mampu memecah kebuntuan terlebih dahulu. Diawali pelanggaran Obiang terhadap Antonio Sanabria, wasit Massimiliano Irrati kemudian menunjuk titik putih.

Meski penalti itu agak kontroversial karena Sanabria terlihat terlalu mudah terjatuh, Criscito yang bertindak sebagai eksekutor melakukan tugasnya tanpa kesalahan.

Obiang berbalik dari pesakitan menjadi pahlawan saat tembakannya dari tepi kotak penalti terdefleksi Peter Ankersen dan masuk gawang yang dikawal Mattia Perin. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Saling berbalas serangan mewarnai babak kedua. Sanabria melepaskan tembakan melambung untuk Genoa, sedangkan Francesco Caputo juga gagal mengarahkan tembakan ke sasaran.

Gawang Genoa kemasukan pada menit ke-75, melalui sepakan yang dilepaskan Filip Djuricic. Tetapi wasit kemudian melakukan peninjauan VAR dan memutuskan bahwa bola sempat mengenai tangan sang pemain, sehingga gol itu dianulir.

Baca juga: Perin tinggalkan Juventus pulang ke Genoa, disusul Behrami dan Destro

Tiga menit menjelang waktu normal usai, Pandev sukses mengemas gol bagi Genoa. Dari satu skema serangan balik yang diinisiasi Criscito, Pandev kemudian menyentuh bola, dan saat bola hendak jatuh pemain Macedonia itu menyundulnya untuk menghasilkan gol penentu kemenangan.


Verona akhiri puasa kemenangan

Dalam pertandingan yang dimainkan lebih awal, Verona mengakhiri puasa kemenangan tiga pertandingan dengan menang 2-0 atas tuan rumah SPAL.

Baca juga: Verona bangkit dari kemasukan tiga gol untuk tahan imbang Torino 3-3

Dalam pertandingan yang dimainkan di Stadio Paolo Mazza, Ferrara, tersebut, Verona membuka keunggulan pada menit ke-14 melalui gol pemain veteran Giampaolo Pazzini.

Perjuangan SPAL untuk bangkit semakin berat setelah Nenad Tomovic mendapat kartu merah pada menit ke-38. Tetapi Verona baru mampu menggandakan keunggulan lima menit menjelang laga usai berkat gol Mariusz Stepinski.

Tambahan tiga poin membawa Verona bercokol di peringkat kesembilan klasemen sementara dengan 22 poin, sedangkan SPAL masih harus menghuni dasar klasemen dengan 12 poin.

Baca juga: Dua gol Immobile bawa Lazio tundukkan Brescia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar