Jakarta (ANTARA) - Aktor Joaquin Phoenix menjadi aktor terbaik kategori drama dalam acara penghargaan Golden Globe 2020 yang berlangsung Minggu (5/1) waktu Amerika Serikat, melalui perannya dalam film "Joker".

Dia mengalahkan Christian Bale ("Ford v Ferrari"), Antonio Banderas ("Pain and Glory"), Adam Driver ("Marriage Story") dan Jonathan Pryce ("The Two Popes") yang menjadi nomine untuk kategori serupa.
 
Sebelum mengatakan sepatah dua patah kata atas kemenangannya itu, Phoenix memberikan penghormatan melalui anggukan kepala kepada para pesaingnya.

"Aku tahu orang-orang berkata ini namun aku sangat terhormat namaku bisa disebutkan bersama kalian," tutur dia seperti dilansir Hollywood Reporter.

Dia lalu mengatakan kepada para nomine, tidak ada kompetisi di antara mereka.

Kepada sutradara Todd Phillips, Phoenix berkata, "Anda meyakinkanku untuk terlibat di film ini dan Anda mendorongku memberikan segalanya dan menjadi tulus,".

Dia juga sempat berbicara pentingnya memberikan bantuan dalam isu-isu perubahan iklim seperti kebakaran hutan yang terjadi di Australia beberapa waktu terakhir.

"Sangat menyenangkan begitu banyak orang berdoa untuk Australia tetapi kami harus melakukan lebih dari itu," ujar dia.

"Aku tidak selalu menjadi pria yang berbudi luhur. Banyak di antara kalian di ruangan ini yang telah memberiku begitu banyak kesempatan untuk memperbaikinya. Bersama-sama, semoga kita bisa bersatu dan membuat beberapa perubahan," demikian ucap Phoenix.

Baca juga: "Joker" bakal dibuat film sekuel?

Baca juga: Penata rias: hanya butuh 15 menit merias Joaquin Phoenix jadi Joker

Baca juga: Joaquin Phoenix kembali jadi "Joker" di "The Suicide Squad"?

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020