6.000 ton sampah banjir diangkut Pemkot Bekasi

6.000 ton sampah banjir diangkut Pemkot Bekasi

Petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengangkut sampah sisa banjir di komplek pertokoan Jalan RA Kartini, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (6/1/2020). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

mereka di lapangan semua tidak ada yang di kantor
Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 6.000 ton sampah sisa banjir berhasil diangkut Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat hingga Senin.

"Sampah sebanyak itu diangkut selama empat hari belakangan pascabanjir yang melanda wilayah Kota Bekasi sejak awal pergantian tahun kemarin," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana, di Bekasi, Senin.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi akan terus menyelesaikan pengangkutan sampah banjir ini hingga Selasa (7/1/2020) besok. "Sampah tersebut bervariasi mulai dari sampah perabot rumah tangga, kasur, bahkan sampah rumah tangga," kata Yayan.

Baca juga: Mereka tak kenal lelah berjibaku bersihkan sampah sisa banjir
Baca juga: 1.000 petugas gabungan bersihkan sampah bekas banjir Tangerang


Yayan menjelaskan dalam satu hari petugas mengangkut sampah banjir hingga 1.500 ton di luar sampah rumah tangga.

"Meski sudah diangkut petugas, nyatanya masih menemukan tumpukan sampah di lokasi titik banjir," ungkapnya.

Dia menegaskan hari ini pegawainya mulai personel pesapon hingga staf dinas terjun seluruhnya membersihkan sampah pascabanjir di Kota Bekasi.

"Ini mereka di lapangan semua tidak ada yang di kantor," kata Yayan.

Baca juga: Warga Grogol Petamburan kerja bakti bereskan sampah sisa banjir
Baca juga: Banjir surut, Wali Kota Jakbar pimpin gerebek sampah dan lumpur


Dia memprediksi pembersihan sampah akan terus berlanjut hingga masa tanggap darurat selesai sebab di lokasi banjir masih banyak ditemukan perabot warga yang berserakan di jalan.

"Hari ini masih kita bersihkan, besok juga, tapi saya rasa masih terus berlanjut, perabot warga yang rusak kena banjir masih banyak yang dibuang," ucap dia.

Kepala Seksi Pengurangan Sampah DLH Kota Bekasi, Sunarmo mengatakan sejak empat hari lalu pegawai yang ada di Pemerintahan Kota Bekasi masih berada di titik banjir untuk membantu pembersihan sampah.

"Bahkan hingga hari ini sampah bekas banjir masih memenuhi berbagai lokasi. Pada enggak pulang-pulang ikut bersih-bersih di lapangan," katanya.

Baca juga: Sampah Pintu Air Manggarai capai 50 truk dari sofa sampai helm
Baca juga: 3.100 ton sampah diangkut dari Ciliwung selama banjir


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cara Kota Malang mencegah & menekan banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar