Kami ingin membantu pemerintah dengan memberikan akses yang luas agar siswa-siswa berprestasi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,
Jakarta (ANTARA) - Seleksi masuk ke sejumlah Politeknik Negeri se-Indonesia mulai dibuka pada hari ini melalui peluncuran Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020 di Kampus Politeknik Jakarta, Jakarta, Senin.

Pada tahun ini, SNMPTN diikuti sebanyak 42 Politeknik Negeri, ujar Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia, Dr Zainal Arief ST MT, dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan SNMPN sebelumnya dikenal dengan nama Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN). Namun mulai tahun ini, Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) mengganti istilahnya menjadi SNMPN. Pendaftarannya sendiri dilakukan secara daring.

Jalur SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Politeknik ditantang hasilkan lulusan yang diperebutkan perusahaan

Pola seleksi itu tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut, sebut dia.

Pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur SNMPN itu tidak dikenakan biaya sepeser pun, karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN tersebut juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Kami ingin membantu pemerintah dengan memberikan akses yang luas agar siswa-siswa berprestasi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tambah Zainal Arief.

Baca juga: Komisi X diharapkan bantu politeknik perjuangkan tunjangan kinerja

Sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah.

Berikutnya, sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 6 Maret 2020 dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini.

Terdapat ratusan program studi yang tersebar pada 42 politeknik negeri di Indonesia yang dapat dipilih oleh siswa melalui seleksi ini.

Kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi telah terbuka lebar, dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Jangan hanya mengandalkan jalur seleksi PTN akademisi saja, jalur seleksi PTN Vokasi seperti SNMPN juga dapat dipertimbangkan. Ke depan, selepas seleksi ini, Politeknik se-Indonesia masih membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis yaitu Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020," pesan Zainal.

Baca juga: Wapres Jusuf Kalla dorong mahasiwa Poltek tingkatkan keterampilan


 

Pewarta: Indriani
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020