Untuk progresnya, delapan venue dalam pengerjaan, dua venue sudah selesai atau menggunakan jaringan eksisting sedangkan 18 venue sisanya masih dalam tahap penyusunan Surat Pemesanan Barang Jasa (SPBJ)
Jayapura (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura segera merampungkan penyediaan sarana kelistrikan untuk 28 venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Provinsi Papua.

Manajer PLN UP3 Jayapura Salmon Kareth di Jayapura, Senin, mengatakan pembangunan sarana kelistrikan untuk 28 venue tersebut terbagi atas 12 venue di Kabupaten Jayapura dan 16 venue di Kota Jayapura.

Baca juga: PLN Papua paparkan kesiapan pasokan listrik jelang PON 2020


"Untuk progresnya, delapan venue dalam pengerjaan, dua venue sudah selesai atau menggunakan jaringan eksisting sedangkan 18 venue sisanya masih dalam tahap penyusunan Surat Pemesanan Barang Jasa (SPBJ)," katanya.

Menurut Salmon, pihaknya juga akan menyiapkan 30 genset untuk mem-back up kebutuhan listrik pada dua klaster yang dibawahi oleh PLN UP3 Jayapura.

"Tiga puluh genset ini jika ditotal maka dapat mem-back up kebutuhan listrik hingga 10 Mega Watt (MW)," ujarnya.

Baca juga: PLN Biak siapkan listrik 30 MW untuk PON Papua


Dia menjelaskan rencananya ke-30 genset ini akan disiapkan khususnya untuk Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

"Jika ditotal maka kebutuhan listrik di sekitar lokasi PON dapat mencapai 7-8 MW khusus untuk klaster yang berada di bawah cakupan PLN UP3 Jayapura," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk pembangunan sarana kelistrikan ini, pihaknya tinggal menyesuaikan dengan venue yang telah disediakan oleh pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota.

Baca juga: KEIN minta PLN jamin kesiapan listrik untuk PON di Papua

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020