Kemarin, gedung roboh di Palmerah hingga pemeriksaan Novel Baswedan

Kemarin, gedung roboh di Palmerah hingga pemeriksaan Novel Baswedan

Penampakan gedung empat lantai yang roboh di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin pagi (06/02/2020) (ANTARA/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya terjadi pada Senin (6/1) telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dan masih layak dibaca kembali sebagai informasi serta referensi sebelum memulai aktivitas pada Selasa pagi.

Berikut lima rangkuman berita yang layak untuk dibaca kembali

1. Gedung empat lantai roboh di Palmerah digunakan minimarket

Gedung empat lantai yang roboh di Jalan Brigjen Katamso Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin pagi dipergunakan sebagai minimarket.

Kondisi gedung tersebut kini ambles dari lantai teratas sampai lantai kedua gedung.

Sedangkan lantai dasar gedung yang dijadikan minimarket terlihat tidak hancur sepenuhnya. Beberapa kendaraan tampak tertimpa reruntuhan.

2. Kronologi gedung ambruk di Palmerah menurut pegawai minimarket

Pegawai minimarket gedung yang ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah Jakarta Barat menceritakan kronologi peristiwa yang dialaminya.

Firman (22) pegawai minimarket tersebut awalnya mendengar suara gemuruh seperti tikus lewat dari atap mini market, tujuh hingga sepuluh menit sebelum bangunan itu ambruk.

Saat itu kata Firman beberapa pegawai tengah memasok barang di gudang yang terletak di lantai 2 bangunan.

3. Novel Baswedan diperiksa 10 jam

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan telah selesai diperiksa selama 10 jam oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus penyiraman air keras yang menimpa dirinya.

Novel tiba di Polda Metro Jaya pada Senin sekitar pukul 10.30 WIB dan selesai diperiksa oleh Sub Direktorat Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Metro Jaya sekitar pukul 20.00 WIB.

4. Pemprov DKI antisipasi warga ajukan gugatan "class action" banjir

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membahas antisipasi adanya potensi pengajuan gugatan perwakilan kelompok (class action lawsuit) terkait banjir pada 1 Januari 2020 oleh masyarakat.

"Tadi sudah dibahas gugatan (class action). Itu nanti biro hukum yang menjawab," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Juaini Yusuf di Balai Kota DKI, Senin.

5. Anies: Hanya 15 persen wilayah Jakarta kebanjiran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemukakan, hanya15 persen wilayah Jakarta yang terendam banjir pada 1 Januari 2020.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf di Balai Kota Jakarta, Senin, kemudian menyatakan persentase itu menunjukkan bahwa dalam konteks banjir, DKI telah siap dari awal.

Kini Pemprov DKI Jakarta mengantisipasi banjir susulan mengingat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadinya cuaca buruk di Jakarta dalam sepekan sejak hujan lebat tanggal 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 yang menyebabkan banjir.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sebelum roboh, gedung di Slipi sudah bocor parah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar