Tips sembuhkan bibir pecah-pecah

Tips sembuhkan bibir pecah-pecah

Ilustrasi bibir pecah-pecah (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Bibir pecah-pecah sering terjadi saat udara dingin dan kering. Hal ini tentu saja bisa sangat mengganggu penampilan.

Dermatologis Daniel Glass mengatakan pada Guardian bibir pecah-pecah bisa terjadi karena paparan udara dingin dan kering ditambah dengan udara hangat yang keluar lewat mulut.

"Keratin yang ada di lapisan atas kulit hilang fleksibilitasnya sehingga bibir jadi kering dan pecah," kata Glass.

Berikut sejumlah kiat untuk menghilangkan bibir pecah-pecah:

1. Jangan basahi bibir
Banyak orang yang mengalami bibir pecah-pecah justru membasahi bibir dengan cara menjilatnya.

"Menjilat bibir justru akan menghilangkan lapisan minyak yang melindungi bibir dari hilangnya kelembapan yang akhirnya menyebabkan pecah-pecah makin parah. Enzim pencernaan dalam air ludah juga bisa mengiritasi bibir," Glass.

2. Pakai pelembap bibir
Gunakan lip balm atau pelembap bibir yang memiliki sifat emolien, menghaluskan permukaan kulit dan bertindak sebagai agen oklusif, mengunci kelembaban, ahli kulit kosmetik Sam Bunting.

"Saya suka lanolin dan minyak bumi, yang melakukan keduanya. Jika Anda bermain ski atau berada di pantai pada musim dingin ini, Anda akan menginginkan penambahan SPF, karena bibir mudah terbakar," kata dia.

Oleskan kembali lip balm setiap beberapa jam dan sebelum tidur, karena banyak dari kita yang menderita pilek akan bernafas lewat bibir saat tidur.

Baca juga: 5 fakta menarik tentang lip balm

3. Perhatikan kandungan produk
Beberapa obat, seperti isotretinoin - lebih dikenal dengan nama Roaccutane dan digunakan untuk pengobatan jerawat - dapat menyebabkan bibir kering.

"Sebuah makalah baru-baru ini menunjukkan bahwa asam gamma linoleat (minyak yang ditemukan dalam tanaman) dan suplemen minyak evening primrose dapat meningkatkan kualitas kulit pada bibir saat mengambil isotretinoin," kata Glass, tetapi ia menambahkan bahwa tidak jelas apakah suplemen ini akan membantu orang tidak minum obat. Mungkin patut dicoba.

Selain itu, lip balm terkadang mengandung bahan-bahan seperti kapur barus dan mentol, yang menciptakan sensasi dingin yang menyenangkan ketika diaplikasikan.

"Tapi bahan-bahan itu bisa membuat iritasi... jadi saya tidak merekomendasikan mereka. Dan jika Anda menggunakan perawatan kulit berbasis aktivasi, seperti retinol, pastikan untuk menutup bibir dengan lip balm sebelum mengaplikasikannya pada malam hari untuk menghindari bibir yang keriput dan teriritasi," kata Bunting.

4. Lakukan eksfoliasi
"Jangan bingung antara panas dalam dan bibir pecah-pecah. Dan jangan mengabaikan keropeng yang tidak dapat disembuhkan - bibir adalah tempat yang umum untuk kanker kulit, jadi mintalah dokter Anda merujuk Anda ke dokter kulit untuk penilaian lebih lanjut," kata Bunting.

Jika bibir Anda menjadi kering dan pecah-pecah, Glass menjelaskan mereka “dapat secara efektif dirawat dengan menggosok kulit dengan lembut atau eksfoliasi untuk memastikan Anda menghilangkan kulit kering dan terkelupas dari permukaan dan secara teratur melembabkan dengan lip balm atau pelembab berkualitas baik.

Baca juga: Periksa tanda kekurangan vitamin lewat anggota tubuh

Baca juga: Jangan terkecoh kemasan saat memilih pelembab bibir

Baca juga: Cara menjaga kesehatan bibir


 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar